kabar viral

Karena Aldi Taher! Pemuda Sumut Hibur Tiktokers Lewat Parodi Caleg

Bagi pengguna Tiktok di Medan, wajah Muhammad Billy Fachrul Lubis tentu tak asing lagi. Videonya kerap jadi FYP lantaran mengundang gelak tawa. 

Billy Fachrul Lubis (kanan) dan rekannya Adit, anak muda asal Galang, Deli Serdang yang hibur penikmat Tiktok dengan parodikan Caleg. Foto: apahabar.com/Budi Warsito

apahabar.com, MEDAN - Bagi pengguna Tiktok di Medan, wajah Muhammad Billy Fachrul Lubis tentu tak asing lagi. Videonya kerap jadi FYP lantaran mengundang gelak tawa. 

Billy Fachrul Lubis adalah Caleg (Calon Legowo) di Tiktok. Ia berasal dari Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Konten-kontennya unik. Berisikan parodi layaknya tokoh politik yang akan mengikuti pemilihan legislatif.

Konten-konten itu disajikan relate. Sesuai yang terjadi di masyarakat. Di mana seorang caleg mendekati ke masyarakat untuk meraih suara. 

Dalam membuat konten, Billy rupanya terinspirasi oleh Aldi Taher. Seorang selebritis unik yang tiba-tiba menjadi caleg.

"Terinspirasi dari Aldi Taher yang nyaleg. Bedanya dia nyaleg betulan, kalau saya tidak. Berhubung tahun politik jadi buat parodi caleg," ujarnya kepada apahabar.com, Minggu (13/8).

Video-video yang ia buat sebagai Caleg Tiktok laku. Banyak ditonton dan dikomentari pengguna media sosial itu. Apalagi parodinya outbof the box. 

Totalnya ada 2,6 juta orang yang me-like akun Tiktok Billy. Bahkan, ada kontennya ditonton 8 juta pengunjung. Sebut saja seperti video berjudul; Janji Betulin Jalan Rusak.

Butuh Empat Tahun Bikin Konten

Tapi siapa sangka popularitas Billy di Tiktok tak didapatkan dengan mudah. Setidaknya ia butuh empat tahun untuk dikenal. 

Sejak memulai dunia konten kreator, Billy membuat bermacam video. Tak semuanya bisa laku alias viral. 

Saat ia memilih parodi caleg, penantiannya selama empat tahun akhirnya tercapai. Alumni Fakultas Sosial, Jurusan Komunikasi di UINSU mampu menarik perhatian.

"Sudah dari tahun 2019. Bikin konten untuk channel YouTube sama kawan-kawan. Cuma gak ada yang ngangkat," ungkap anak kedua pasangan Syahrizal Lubis dan Rosna Chaniago itu.

"Kawan-kawan pun udah pada gak fokus dan cari kerja. Tapi aku tetap buat konten," lanjutnya.

Awalnya, Billy menargetkan konten-kontennya bisa viral di tahun 2024. Bersamaan dengan momentum politik.

Namun ternyata, baru mengunggah tiga video parodi caleg, langsung FYP. Dalam pembuatan konten, ia dibantu rekannya Adit. 

"Target 2024 kontennya pecah, tapi ternyata lebih cepat. Konten ketiga yang judulnya Jadi Caleg Capek FYP. Awal pecah 1 juta penonton," kata Billy. 

Mulai Dapat Endorse

Sejak itu, dalam kurun waktu sekitar dua bulan, ia mulai menghasilkan. Endorse pun satu per satu datang. 

"Baju ada, celana ada, sepatu ada. Kalau ada yang endorse jam bilang-bilang bang," ucap Billy sambil tertawa.

Pemilik akun Instagram @billy_flbs itu bersyukur atas pencapaiannnya saat ini. Ia mengaku semua ini tak lepas dari dukungan penuh orang tuanya. 

"Awal-awal orang kirain ngapain lah anak ini kurang kerjaan gitu. Namanya masih di kampung kan bang. Tapi saya terus aja buat konten," lanjutnya. 

Sejak kontennya viral, ia kerap dipanggil Pak Caleg oleh anak-anak dan warga kampungnya. Billy berharap, ke depan ingin mengajak teman-temannya yang lain untuk mulai aktif bikin konten.

"Kalau konsisten terus viewer-nya, mau ajak kawan-kawan yang lama lagi konten bareng. Biar sama-sama maju," tutupnya.