Hot Borneo

Karang Intan Banjar Diguyur Hujan Es Disertai Puting Beliung, 6 Rumah Rusak

apahabar.com, MARTAPURA – Penomena alam tak biasa berupa hujan es disertai angin puting beliung terjadi di…

Penomena alam tak biasa berupa hujan es disertai angin puting beliung terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (28/5) sore. Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Penomena alam tak biasa berupa hujan es disertai angin puting beliung terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (28/5) sore.

Dalam video yang tersebar di media sosial memperlihatkan hujan disertai es jatuh dari langit. Ukuran batu es seperti kelereng. Penomena ini langka terjadi di wilayah Banjar.

Salah satu warga di Kecamatan Karang Intan, Muslihah mengatakan hujan es terjadi di Desa Karang Intan, Pasar Lama, dan Sungai Landas sekitar pukul 03.00 Wita.

“Kabarnya tiga desa itu, kebetulan di rumah saya di Desa Biih, hanya hujan deras saja,” ujarnya.

Sementara, Camat Karang Intan, Muhammad Ilmi mengatakan belum ada data pasti mengenai di desa mana saja yang dihujani es. Ia mengatakan pihaknya juga masih melakukan pendataan.

“Benar hujan es terjadi, penomena ini baru sekali ini terjadi,” ujar Camat Karang Intan.

Terkait adanya rumah rusak, camat memastikan bukan karena hujan es, melainkan akibat puting beliung.

Camat merincikan, ada 5 rumah dan 1 pos musala terdampak puting beliung di Desa Lok Tangga. Sedangkan satu rumah lainnya di Desa Padang Panjang.

“Total ada 6 kepala keluarga (KK) dan 10 jiwa terdampak puting beliung,” ujar camat.

Dari video yang diterima media ini, tampak atap rumah warga hilang akibat disapu angin puting beliung.