Heli Mendarat Darurat

Kapolri Terjunkan Dua Helikopter Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerjunkan dua helikopter untuk mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mendarat darurat di

Kapolri upayakan kompetisi Liga 1 dapat dihadiri penonton lagi (Foto: apahabar.com/ Bambang S)

apahabar.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerjunkan dua helikopter untuk mengevakuasi rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang mendarat darurat di Bukit Tamia Jambi, Muara Emat, Minggu (19/2).

"Saat ini kita telah mengirimkan tim untuk melakukan evakuasi terdiri dari dua helikopter yang kita berangkatkan, dan kemudian juga tim dari Brimob yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan SAR," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Jakarta, Minggu (19/2).

Baca Juga: Mabes Polri: Kapolda Jambi Selamat dan Hanya Alami Luka

Ia menerangkan bahwa kepolisian dibantu sejumlah pihak untuk melakukan misi penyelamatan terhadap rombongan Kapolda Jambi. Namun ia belum memastikan  proses evakuasi menggunakan lajur darat atau udara.

"Tentunya yang pertama kita akan melihat medan yang ada, kalau bisa kita evakuasi dengan menggunakan helikopter tentunya akan menggunakan helikopter," ujarnya.

Eks Kabareskrim ini juga mengungkapkan jika kondisi cuaca yang tidak memungkinkan terjadi, maka tim evakuasi akan mematangkan strategi untuk mengoptimalkanupaya penyelamatan.

Baca Juga: UPDATE Heli Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Hutan Kerinci

"Apabila kondisi tidak memungkinkan, harus dilakukan evakuasi dengan melalui jalur darat, kondisi lapangan tentunya akan kita sesuaikan," sambungnya.

Setelah proses evakuasi, tim penyelamat tentu akan segera membawa para korban selamat ke rumah sakit terdekat.

"Tentunya nanti pada saat helikopter kemudian bisa melakukan pengangkatan di titik yang sesuai kita akan lakukan evakuasi ke rumah sakit terdekat ya," pungkasnya

Diketahui, Mabes Polri menyatakan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta jajarannya selamat dan hanya mengalami luka-luka akibat helikopter yang ditumpanginya mendarat darurat di Bukit Tamia Jambi, Muara Emat, Minggu (19/2).

Baca Juga: Helikopter P-1103 Jatuh, Kapolri Pastikan Pencarian Kru Berjalan Maksimal

"Kondisi selamat, tapi mengalami luka," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, Minggu (19/2).

Kini masih dilakukan proses evakuasi dari sejumlah tim Brimob, Polres Kerinci, dan Tim SAR di lokasi pendaratan darurat helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi.

"Saat ini pasukan Brimob, Polres Kerinci dan Tim SAR daerah menuju ke lokasi untuk evakuasi korban," kata Dedi.