Kalsel

Kapal Perang KRI Tombak 629 Merapat ke Banjarmasin!

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada yang berbeda di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/12). Di sana bersandar kapal…

Kapal perang KRI Tombak 629 milik TNI AL merapat di pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/12). Foto- apahabar.com/ Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Ada yang berbeda di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Sabtu (14/12). Di sana bersandar kapal perang KRI Tombak 629. Ada apa?

Rupanya, KRI Tombak 629 yang merupakan kapal perang jenis kapal cepat rudal 60 meter generasi kedua tersebut sengaja merapat ke sana dalam rangka memeriahkan Hari Armada TNI Angkatan Laut (AL) yang diperingati setiap tanggal 5 Desember.

Dari pantauan apahabar.com, kapal perang itu sudah merapat di pelabuhan Trisakti, Jalan Barito Hilir sejak Sabtu pagi, (14/12). Rencananya kapal perang milik TNI AL ini akan dipamerkan kepada masyarakat Banjarmasin, Minggu (15/12) sejak pagi.

"Nanti masyarakat umum boleh naik melihat-lihat kapal ini secara dekat," kata Komandan Kapal, Letkol Laut (P) Adam Tjahya.

Dikatakan Adam, dinamakan Tombak, karena diambil dari nama senjata khas di Jawa yang biasa dipakai berburu dan berperang. “KRI Tombak ini memiliki berat 460 Ton, panjang 60 meter, lebar 8,10 meter dengan kecepatan maksimal 28 knots,” pungkasnya.

Baca Juga: Kilas Balik Tenggelamnya Kapal Onrust dan Perang Banjar (1)

Baca Juga: TNI AL Kerahkan 2 KRI Dukung Pemecahan Rekor Dunia Selam

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin