liga 1

Kandaskan Persita 2-1, Borneo FC Geser Barito Putera di Posisi Kedua

Borneo FC Samarinda berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-1 pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Jumat (25/8) malam.

Borneo FC Samarinda berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-1 di Liga 1 2023/2024, Jumat (25/8). (foto: borneofc.id)

apahabar.com, JAKARTA - Borneo FC Samarinda berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-1 pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Jumat (25/8) malam.

Bertanding di Stadion Segiri, Samarinda, tim berjuluk Pesut Etam itu menang berkat dua gol yang diciptakan Diego Michiels (28) dan Adam Alis (58). Sedangkan Persita hanya membalas satu gol lewat Hanis Sagara Putra (90+2)

Pada laga tersebut, Borneo FC yang bermain dengan kekuatan penuh langsung mendominasi jalannya permainan. Peluang pun banyak diciptakan dengan mengancam pertahanan Persita.

Di menit 11, Stefano Lilipaly yang lolos dari jebakan offside, hampir mencetak gol jika tendangannya tidak dimentahkan kiper Persita, Aditya Harlan. 

Baca Juga: Taklukkan Bhayangkara FC, Borneo FC Duduki Puncak Klasemen Liga 1

Borneo FC baru bisa memecah kebuntuan di menit 28 lewat gol dari sundulan Diego Michiels yang memanfaatkan kemelut didepan gawang Persita berawal dari tendangan bebas.

Gol itu membuat Persita panas dan berjuang mengejar ketertinggalan. Sayangnya, beberapa peluang yang tercipta tak mampu diselesaikan dengan baik oleh lini serangnya.

Hingga babak pertama berakhir, Pesut Etam berhasil mempertahankan keunggulannya 1-0. 

Di babak kedua, Borneo FC yang di enam pertandingan terakhirnya tak terkalahkan, tetap bermain sangat baik. 

Baca Juga: 10 Pemain Borneo FC Gasak Persikabo 3-2

Namun, Persita yang sedang berusaha bangkit setelah menuai empat kekalahan beruntun, mampu memberikan perlawanan.

Itu terlihat saat mereka mendapatkan beberapa peluang, termasuk tendangan keras Ezequiel Vidal dari luar kotak penalti di menit 54. Namun, sepakannya masih melenceng di samping gawang lawan.

Selang empat menit kemudian, Borneo FC justru berhasil menggandakan keunggulan setelah tendangan adam alis dari jarak jauh tak mampu dibendung kiper Persita. 

Setelah gol itu, tim tamu berusaha mengejar ketertinggalannya. Tapi serangannya tak mampu menembus pertahanan Borneo FC yang bermain solid.

Baca Juga: Persija Ditahan Borneo FC, Thomas Doll Sayangkan Keputusan Wasit

Pada menit 74, penyerang sayap Borneo FC Terens Puhiri berhasil menciptakan gol. Tapi, gol tersebut dianulir dikarenakan sang pemain sudah berada dalam posisi offside.

Di waktu tersisa, Pesut Etam lebih banyak bermain bertahan. Sebab, Persita terus menggempur pertahanannya.

Terus mendapatkan serangan, tim tuan rumah akhirnya kebobolan di menit 90+2 berkat Hanis Sagara Putra yang tak mampu dimentahkan kiper Borneo FC Nadeo Argawinata.

Hingga pertandingan berakhir, kedua tim tak lagi gol tercipta dan itu membuat Borneo FC berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Baca Juga: Link Live Streaming Borneo FC Samarinda vs Persita Tangerang

Bagi Borneo FC, ini merupakan kemenangan ketiga secara beruntun setelah sebelumnya juga menang atas Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Hasil ini sekaligus membuat tim Pesut Etam beranjak ke posisi dua klasemen sementara Liga 1 dengan 19 poin, terpaut satu angka dari Madura United di puncak dan unggul dua poin atas Barito Putera. 

Sedangkan bagi Persita, kekalahan itu membuatnya semakin tenggelam di papan bawah. Tim berjuluk Pendekar Cisadane ini berada di peringkat 15 dengan 10 poin. 

Di pertandingan lain, Dewa United sukses mengalahkan Persija Jakarta 2-0 di Stadion Indomilk Arena, Jumat (25/8) malam. 

Dua gol tim berjuluk Tangsel Warriors itu diciptakan oleh Dimitris Kolovos (28) dan Septian Bagaskara (90+5).