Tak Berkategori

Kalsel Expo 2019, Kuliner HSS Diserbu Pengunjung

apahabar.com, KANDANGAN –  Stand Dinas Perdagangan dan Dekranasda Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi magnet tersendiri bagi…

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad foto bersama dengan mereka yang bertugas menjaga stand HSS. Foto-Diskominfo HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Stand Dinas Perdagangan dan Dekranasda Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung Kalsel Expo 2019 di Lapangan Dr Murjani, Banjarbaru.

Terutama produk kuliner banyak diserbu warga. Bahkan ada yang rela datang dari jauh. Sebagian besar dari pengunjung adalah ibu-ibu yang rindu dengan anekacamilan atau kue olahan khas Kabupaten HSS.

“Kami dari Marabahan, lama tidak menikmati makanan khas Kandangan. Mumpung ada yang berjualan di sini, jadi kami beli. Karena kalau ke Kandangan agak jauh, dan harus meluangkan waktu tersendiri,” kata Ibu Intan yang datang bersama rombongan.

Sementara itu stand Dekranasda HSS yang berada di seberang kuliner Kandangan tak kalah padat pengunjung. Stand ini memajang berbagai produk kerajinan khas HSS, mulai dari jenis kerajin kayu dan gerabah.

Stand ini malah banyak dikunjungi kalangan milenial, yang sangat tertarik dengan produk aksesories tradisional khas Loksado. Bahkan mereka rela antre hanya untuk sekadar memiliki Gelang Simpai yang pembuatannya memang harus langsung di tangan dan memakan waktu.

Andre, pelajar dari Banjarbaru mengaku, dulu dia pernah punya gelang nih. Membeli ketika piknik ke Haratai. Sayang sekarang sudah rusak. Nah keberadaan stand ini membuat Andre bangga. Makanya ia membeli gelang Simpai khas Loksado.

Stand Dinas Perdagangan dan Dekranasda HSS merupakan 2 diantara 26 stand lainnya se-Kalimantan Selatan untuk kategori stand perwakilan Kabupaten/ Kota.

Seluruh stand yang ikut di Kalsel Expo kali ini, akan dinilai dengan beberapa kategori. Saat seremonial pembukaan, Waki lBupati HSS, Syamsuri Arsyad hadir mewakili Bupati bersama dengan para kepala daerah lainnya.

Setelah pembukaan, Wakil Bupati dan Istri beserta Ketua Dekranasda HSS, Hj Isnaniyah Achmad Fikry langsung meninjau stand HSS ini.

“Melalui expo ini kita berharap agar potensi daerah HSS bisa lebih dikenali masyarakat luar daerah, baik kerajinannya maupun kuliner khas," harapnya.

Baca Juga: 27 Sekolah Swasta di HSS Dapat BOSDA dari Bupati

Baca Juga: Pawai Karnaval Sambut Tahun Baru Islam 1441 H di HSS

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Syarif