Piala Asia 2023

Kalah Segalanya dari Jepang, STY: Timnas Indonesia Masih Belajar

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai skuad asuhannya masih butuh banyak pengaaman untuk memiliki kemampuan serangan yang lebih baik lagi.

Shin Tae-yong amat sesalkan gol kontroversi kedua Irak ke gawang Indonesia, Sumber : Dok PSSI

apahabar.com, JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menilai skuat asuhannya masih butuh banyak pengalaman jika ingin bersaing di turnamen level tinggi. 

Hal itu terlihat dari hasil yang didapatkan saat melawan Jepang pada laga terakhir penyisihan grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1).

Skuat Garuda tampil tidak terlalu baik di laga itu. Sebab, mereka mengalami kesulitan membangun serangan yang membuat timnya kalah 1-3.

"Mereka masih belajar dan butuh banyak pengalaman. Kami harus perbaiki kekurangannya dan berkembang lagi," ungkap Shin Tae-yong dilansir antara.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023

Pada pertandingan matchday 3 di Grup D tersebut, Indonesia hanya memiliki persentase penguasaan bola 28,8 persen. Sedangkan tim Samurai Biru lebih unggul 71,2 persen.

Begitu juga dengan jumlah tendangan ke gawang pun terpaut jauh, dengan Jepang mencapai 14 tendangan sedangkan Indonesia hanya tiga tendangan.

Karena itu, Indonesia harus melakukan evaluasi setelah memainkan tiga pertandingan penyisihan grup D.

Baca Juga: Timnas Indonesia Fokus Lawan Jepang, Shin Tae-yong Tak Peduli Hasil Lain

Namun, skuat Garuda akan fokus ke pemulihan fisik pemain terlebih dulu. Selagi pemulihan, Indonesia juga akan menunggu hasil laga tim dari grup lain untuk menentukan lolos tidaknya ke putaran 16 besar.

"Lolos atau tidak, normalnya memang dilakukan pemulihan. Jadi besok akan istirahat. Tentu segalanya bisa terjadi, saya tidak bisa mengatakan apapun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," ucap Shin Tae-yong.