Tahun Baru 2024

Kakorlantas Polri: Jalur Puncak Bogor Waspada Tahun Baru!

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan meninjau pos terpadu di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12).

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan meninjau pos di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12) (Foto: apahabar.com/Hendra).

apahabar.com, BOGOR - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan meninjau pos terpadu di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/12). Dia melihat kesiapan pengamanan tahun baru di kawasan Puncak.

Aan mengatakan, libur Natal kemarin menjadi evaluasi. Hal itu dilakukan agar kegiatan saat malam Tahun Baru nanti bisa berjalan dengan lancar, khususnya lalu lintas.

"Karena Puncak ini menjadi salah satu destinasi yang favorit untuk warga Jakarta, sehingga kita perlu antisipasi," kata Aan.

Baca Juga: 998 Personel Gabungan Amankan Tahun Baru di Jakarta Selatan

Aan mengatakan saat libur Natal kemarin, kendaraan yang masuk melebihi kapasitas jalan di Puncak. Sehingga perlu diperhatikan upaya rekayasa lalu lintas yang nanti dilakukan saat malam Tahun Baru.

"Melihat kemarin ada 50 ribu lebih kendaraan yang masuk ke puncak, padahal kapasitas jalur puncak ini hanya 40 ribu dalam satu hari. Berarti ada ada kapasitas yang berlebih sehingga kemarin kita melakukan beberapa upaya lalu lintas," jelasnya.

Salah satu yang rencananya akan dilakukan yaitu rekayasa ganjil genap mulai tanggal 29-31 Desember 2023. Kemudian akan ada pembatasan kendaraan yang menuju ke Puncak.

"Pembatas lalu lintas yang menuju ke Puncak baik dari arah Gadog maupun dari arah Cianjur, pada 18.00 WIB pada 31 Desember kita akan menutup jalur yang menuju ke Puncak, baik dari arah Jakarta maupun arah Cianjur," terangnya.

Baca Juga: Catat! Gage di Puncak Bogor Diperpanjang hingga Tahun Baru 2024

"Kita clearance sampai jam 21.00 WIB sampai 01.00 WIB (1 Januari 2024), kita akan berlakukan Car Free Night di sepanjang jalur Puncak," tambah dia.

Setelah itu, lanjut Aan, akan diatur untuk kendaraan turun baik dari arah Cianjur maupun Jakarta. Dia mengimbau masyarakat sebelum pukul 18.00 WIB sudah di Puncak.

"Yang menghabiskan rencana Tahun Baru di Puncak, itu silakan sebelum jam 18.00 WIB itu sudah check-in naik ke atas," pungkasnya.