Kalsel

Kado Akhir Tahun, 4 Desa di Kotabaru Diganjar Penghargaan Proklim dari KLHK RI

apahabar.com, KOTABARU – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di penghujung 2020 mengganjar 4 desa…

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, KOTABARU – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di penghujung 2020 mengganjar 4 desa di Kotabaru penghargaan.

Penghargaan itu, diberikan lantaran sejumlah desa itu sukses dalam menjalankan program nasional, yakni program Kampung Iklim (Proklim).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Arif Fadillah, mengatakan total desa yang menerima penghargaan Proklim dari KLHK sebanyak 4 desa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru, Arif Fadillah. Foto-apahabar.com/Masduki

“Alhamdulillah. Pertama, ada dua desa. Di antaranya, Desa Langadai dan Gunung Ulun. Nah, selanjutnya ada dua desa lagi menyusul yakni, Desa Semayap dan Hilir Muara,” ujar Arif, Selasa (29/12) sore.

Arif menyampaikan, Proklim merupakan program berskala nasional yang dikelola oleh KLHK untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain guna melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Selain itu, guna penguatan ihwal penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi serta mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan.

“Intinya, itu semua dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai kondisi wilayah,” terangnya.

Dia berharap, semua desa di Kotabaru dapat meniru prestasi itu. Sementara, bagi desa-desa yang telah berhasil dapat mempertahankan prestasi dan lebih ditingkatkan sehingga penghargaan di jenjang lebih tinggi dapat diraih.

“Kami akan terus memberikan pembinaan terhadap empat desa yang berprestasi ini. Supaya tahun depan kembali dapat penghargaan di tingkat yang lebih tinggi lagi,” pungkas Arif.