Kalteng

Kadinkes Kapuas Beberkan Penyebab Masih Rendahnya Capaian Vaksinasi

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Capaian vaksinasi di Kabupaten Kapuas, Kalteng, belum menyentuh 40 persen. Kepala Dinas…

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Capaian vaksinasi di Kabupaten Kapuas, Kalteng, belum menyentuh 40 persen. Kepala Dinas Kesehatan setempat, Apendi membeberkan penyebabnya.

Menurut Apendi masih rendahnya capaian vaksinasi di Kapuas dikarenakan beberapa faktor, di antaranya luas wilayah dan besarnya jumlah penduduk.

“Juga kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi masih belum maksimal. Untuk itu kita mendorong dan mengharapkan kesadaran masyarakat mau divaksin” ujarnya di Kuala Kapuas, Jumat (22/10).

Apendi mengatakan langkah percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas terus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat bersama stakeholder terkait.

“Jadi, dukungan dari masyarakat sangat diperlukan. Sehingga pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan baik, dan target dapat tercapai,” katanya.

Kepala Dinkes Kapuas melanjutkan, capaian vaksinasi saat ini dijadikan pemerintah sebagai indikator penetapan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Maka dari itu capaian vaksinasi kita harus terus ditingkatkan, minimal diatas 40 persen sehingga tingkatan level PPKM kita bisa turun,” harapnya.

Apendi pun mendorong stakholder terkait, baik organisasi dan kelompok mau melaksanakan kegiatan vaksinasi.

“Kami siap suport untuk tenaga kesehatan dan vaksinnya. Ini tugas kita bersama, dan diharapkan masyarakat mau divaksin,” pungkasnya.