Kabupaten Banjar Sabet Penghargaan Yess Award 2023 dari Kementan RI

Pemkab Banjar menerima penghargaan Yess Award 2023 pada tiga kategori dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Pemkab Banjar menerima penghargaan Yess Award 2023 dari Kementan RI. foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA - Pemkab Banjar menerima penghargaan Yess Award 2023 pada tiga kategori dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Penghargaan diserahkan bareng kegiatan pembukaan Sarasehan Petani Milenial sekaligus Launching Aplikasi Learning Management System (LMS), yang dibuka langsung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Hotel Claro, Kota Makassar, Jumat (21/7).

Kabupaten Banjar mendapat penghargaan kategori District Implementation Team, kemudian Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Astambul Banjar untuk kategori Business Development Services Provider.

Selanjutnya, Muhammad Nur’ied asal Kabupaten Banjar menerima penghargaan kategori Fasilitator Pemuda.

Daerah lainnya di Kalsel juga mendapat penghargaan, seperti
Nurul Huda Safitri dari Tanah Laut kategori Financial Advisor,
Boy Mardani juga dari Tanah Laut untuk kategori Petani Milineal Inspiratif, terakhir Suryani asal Tanah Bumbu kategori Mobilizer.

Kegiatan yang berlangsung sejak 20 – 22 Juli 2023 ini diikuti sebanyak 700 peserta seluruh Indonesia termasuk dari Kabupaten Banjar.

Laporan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamai menjelaskan, kegiatan mengusung seluruh program unggulan Kementerian Pertanian yang inovatif dan kolaboratif dalam menumbuhkan wirausaha muda pertanian.

“Program Tani Akur sebagai salah satu program Kementerian Pertanian merupakan suatu kolaborasi yang hadir untuk mempermudah akses pembiayaan dengan bunga yang terjangkau dan pembiayaan yang mudah maka akan mampu mendorong peningkatan skala usaha petani milenial ” harapnya.

Dedi menegaskan kegiatan ini harus mampu menghasilkan strategi penumbuhan usaha, jejaring pasar, pertukaran teknologi dan inovasi serta mitigasi iklim perubahan global.

Adapun Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Retno Sri Muwarni selaku Ketua District Implementation Team mengatakan bersyukur menerima penghargaan.

"Terimakasih atas semua pihak yang telah bekerja sama atas program yang telah dijalankan, semoga akan jadi lebih baik lagi," ucapnya.