Kalteng

Kabar Baik, Kalteng Tidak Ada Lagi Zona Merah Covid-19

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Kabar baik datang dari Kalteng, berdasarkan data dari laman Covid-19 pemerintah setempat,…

Data sebaran Covid-19 Kalteng, Senin (1/2/2021). Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Kabar baik datang dari Kalteng, berdasarkan data dari laman Covid-19 pemerintah setempat, kini tidak ada lagi zona merah atau resiko tinggi di Bumi Tambun Bungai, Senin (1/2).

“Alhamdulillah Kalteng tidak ada zona merah. Situasi minggu ini lebih baik dari minggu lalu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul.

Dari 14 kabupatan/kota di Kalimantan Tengah, tiga kabupaten, Barito Utara, Seruyan dan Katingan berada di zona kuning.

Sedangkan Lamandau, Kotawaringin Barat, Sukamara, Kotawaringin Timur, Pulang Pisau, Palangka Raya, Gunung Mas, Barito Timur, Barito Selatan dan Kapuas, berada di zona orange.

Walaupun saat ini tidak ada satupun daerah yang berada dalam zona merah, namun diminta tidak lengah dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Sebab, belum bisa dikatakan aman, karena penularan Covid-19 masih terjadi.

Pasalnya target penanganan Covid-19 ini adalah seluruh wilayah dapat menjadi zona hijau, artinya tidak ada kasus baru selama 4 minggu berturut-turut dan kesembuhannya mencapai 100 persen.

Berdasarkan informasi harian Covid-19 di Kalteng, Senin, 1 Februari 2021, hingga pukul 15.00 WIB.

Dilaporakn sebanyak 89 orang sembuh sehingga total sembuh sejak awal pandemi 10.271 orang.

Pasien sembuh dari Palangka Raya 46 orang, Gunung Mas 28 orang, Kotawaringin Barat 10 orang dan Kapuas 5 orang.

Sedangkan terkonfirmasi Covid-19, sebanyak 62 orang, sehingga akumulasi terpapar 12.035 orang.

Adapun yang positif berasal dari Kapuas 29 orang, Gunung Mas 13 orang, Palangka Raya 11 orang, Murung Raya 3 orang, Kotawaringin Barat 2 orang, Barito Timur, Barito Utara, Kotawaringin Timur dan Pulang Pisau masing-masing 1 orang.

Kadis Kesehatan Kalteng, Suyuti Syamsul. Foto-Istimewa