Jumlah Desa Mandiri Masih Minim, Begini Harapan Dinas PMD Kapuas

Keberadaan jumlah desa mandiri di Kabupaten Kapuas, Kalteng masih terbilang minim yaitu hanya berjumlah dua desa.

FOTO : Kepala Dinas PMD Kapuas, Budi Kurniawan. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS - Keberadaan jumlah desa mandiri di Kabupaten Kapuas, Kalteng masih terbilang minim, yaitu hanya berjumlah dua desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas pun mengharapkan adanya peningkatan jumlah desa mandiri di daerah setempat.

"Kami mengharapkan pada tahun 2023 ini jumlah desa mandiri di Kabupaten Kapuas ada peningkatan," kata Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan, Jumat (5/5/2023).

Budi bilang pada tahun 2022 baru ada 2 desa mandiri di Kapuas yaitu Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang dan Desa Timpah Kecamatan Timpah.

"Untuk peningkatan jumlah desa mandiri tahun ini data-data dan informasi sudah kami himpun untuk disampaikan kepada Kementerian Desa dan PDTT. Nanti mereka yang akan menskoring," ujarnya.

Dinas PMD Kapuas pun merencanakan pada tahun ini ada sekitar 5 desa yang akan ditingkatkan statusnya dari semula desa berkembang menjadi desa mandiri.

"Syarat desa mandiri yaitu sudah ada sarana prasarana pendukung. Contoh, jalan desa sudah terhubung dan ada sarana pelayanan kesehatan desa yang mandiri," terang Budi Kurniawan.

"Termasuk ada juga sarana pendidikan. Paling tidak ada pendidikan dasar baik PAUD dan SD. Juga ada BUMDes yang hidup dan berkembang sehingga menunjang perekonomian desa," pungkasnya.