Kalsel

Jumat Cerah di Kalsel Hari Ini Simpan Potensi Karhutla

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih jadi ancaman di musim kemarau seperti sekarang…

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih jadi ancaman di musim kemarau seperti sekarang ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menghimbau warga Kalsel agar waspada terhadap potensi tersebut hari ini.

Dalam laman resminya BMKG, memprakirakan adanya cuaca panas yang berpotensi memunculkan api. Khususnya di tujuh wilayah Kalsel.

“Waspada potensi kebakaran hutan/lahan di wilayah Kab Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, Barito Kuala dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG, Jumat (9/8).

Berdasarkan data BMKG, cuaca cerah sejak pagi hagi hari membuat suhu udara cenderung sangat panas. Suhu tertinggi diperkirakan mencapai 32 derajat celcius dan tingkat kelembaban berada pada 95 persen. Kondisi itu berlanjut pada siang hingga malam hari.

Namun, seperti kemarau umumnya, untuk malam menuju dini harinya cuaca sangat dingin. Bahkan suhu udara terendah bisa mencapai 21 derajat celcius dan tingkat kelembaban ada pada 55 persen.

Disamping untuk tetap menjaga lingkungan sekitar, ada baiknya warga juga menjaga kondisi tubuh. Terutama untuk mereka yang bekerja pada siang hari di bawah terik matahari, agar banyak meminum air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

Baca Juga:Polemik Akses Menuju RS Haji Boejasin, Pemkab Tala Terpaksa Cari Alternatif Lain

Baca Juga:Heboh, Warga Kapar HST Temukan Sesosok Mayat di Semak-semak

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin