Kunjungan Jokowi

Jokowi Tiba di Kalsel Esok, 3 Lokasi Bakal Dikunjungi

Presiden Jokowi akan tiba di Kalimantan Selatan besok, Kamis (16/3).

Sejumlah alutsista pengamanan Presiden Jokowi terpantau tiba di Lanud Syamsuddin Noor.

apahabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo bakal tiba di Kalimantan Selatan pada Kamis esok (16/3). Ada tiga lokasi bakal dikunjungi orang nomor satu republik ini.

"Bila tidak ada perubahan tanggal 16 besok," ujar Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, saat dihubungi apahabar.com, Kamis (15/3) malam.

Mendarat di Bandara Syamsuddin Noor, Jokowi bakal mengunjungi Pasar Astambul di Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Mau ke Tabalong, Pak Jokowi Tengok 'Indahnya' Longsor 171 Dong!

Di pasar tradisional itu, Jokowi akan menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan modal usaha kepada para pedagang.

Dari sana, Jokowi akan membuka Muktamar Rabithah Melayu Banjar di Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Rabitah Melayu Banjar adalah sebuah entitas perkumpulan kemasyarakatan untuk keagamaan dan kebudayaan atau bisa disebut dengan “Diniyah wal-Hadarah”.

Sepeda motor tim matan (penyelamat) salah satu ransus andalan pengamanan presiden yang biasa digunakan untuk melakukan evakuasi VVIP kepada presiden.

Muktamar bakal digelar dari 16 sampai 17 Maret 2023. Pesertanya beragam. Ada dari Sumatera, Sulewesi, Jawa, Kalimantan hingga Malaysia.

Membawa sejumlah tokoh nasional, Jokowi bakal beristigasah bersama masyarakat Tabalong di Pendopo Bersinar, Pembataan, Murung Pudak.

"Habib Luthfi yang akan memimpin istigasah dan doa bersama Presiden Jokowi," jelas Panitia Muktamar Rabithah Melayu Banjar, Ustaz HM Syarbani Haira, dalam kesempatan terpisah. 

Baca Juga: Jelajah Tabalong, Berangkat dari Rasa Sakit sampai Dikunjungi Jokowi

Tausiah akan disampaikan oleh ulama idola umat, yakni KH Guru Asmuni atau yang dikenal dengan sebutan Guru Danau.

"Insyaallah ini menjadi Jumat penuh berkah untuk Kalimantan," imbuhnya.

Selanjutnya, Jokowi bakal meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) tahap II di Balai Pengelola Air Minum Banjarbakula di Banjarbaru.

Ransus Jokowi

Sejumlah ransus motor yang biasa digunakan untuk mengawal rombongan Jokowi tiba di Kalsel.

Terpantau, sejumlah pasukan pengamanan presiden dan kendaraan khusus (ransus) pendukung keamanan presiden telah tiba di Lanud Syamsuddin Noor sejak kemarin. Mulai dari sedan mercy hingga belasan motor Glodwing.

Ransus diangkut personel TNI AU menggunakan pesawat Hercules TNI AU dari Halim Perdanakusuma. Pengirimannya dibagi dua tahap. Hari Selasa untuk ransus Jokowi di Tabalong. Dan Rabu untuk ransus Jokowi berkendara di Banjarbaru. 

Ransus selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Mercy yang akan ditumpangi Jokowi di Tabalong terpantau tiba di Lanud Syamsudin Noor.

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo meninjau sejumlah lokasi di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Rabu (15/3)

Pangdam VI/Mulawarman bersama jajarannya tiba di Tabalong menggunakan helikopter dan mendarat di Bandara Warukin, di Desa Maburai, Kecamatan Tanta.

Kunjungan Pangdam VI/Mlw bersama jajaran dalam rangka memastikan keamanan kunjungan Presiden Jokowi ke Bumi Sarabakawa, Tabalong. 

Di sana Pangdam melihat-lihat halaman pendopo yang akan menjadi tempat istigasah dan doa bersama oleh tokoh agama, masyarakat dengan Presiden Jokowi.

Peninjauan dilanjutkan ke bagian dalam Pendopo Bersinar yang bakal menjadi tempat Muktamar ke-1 Rabithah Melayu Banjar. 

Baca Juga: Panggung Utama Istigasah Bersama Presiden Jokowi di Tabalong Mulai Dipasang

Tidak ketinggalan Pangdam juga meninjau Wisma Bersinar, yang masih berada dalam kawasan Pendopo Bersinar, dilanjutkan meninjau Gedung Olah Raga (GOR).

Sebelum meninggalkan Bumi Sarabakawa, Pangdam VI/Mulawarman juga mendatangi kantor Bupati Tabalong di Jalan Pangeran Antasari, Kecamatan Tanjung.

Alutsista pengamanan Presiden Jokowi:

2 unit sedan Mercy (Tabalong/Banjarbaru)
10 Unit motor Glodwing (Tabalong/Banjarabru)
4 unit motor Yamaha YZI Tim Matan Paspampres.

Dilengkapi oleh Muhammad Al-Amin