Nasional

Jokowi Reshuffle Kabinet, Bahlil Lahadalia Pimpin Kementerian Baru

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo diyakini segera mengumumkan reshuffle kabinet dan melantik menteri baru, Rabu…

Presiden Joko Widodo diyakini mengumumkan reshufle kabinet, Rabu (28/4). Foto: Liputan6

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo diyakini segera mengumumkan reshuffle kabinet dan melantik menteri baru, Rabu (28/4) sore

Salah satu sosok yang dilantik adalah Nadiem Makarim dengan jabatan baru sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek).

Seperti dilansir CNNIndonesia, Nadiem Makarim bukan satu-satunya yang dilantik. Joko Widodo juga meresmikan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Reshuffle yang dilakukan digelar terbatas, sekaligus menyusul perubahan nomenklatur sejumlah kementerian. Nomenklatur baru itu sendiri merupakan usulan Presiden.

Dalam nomenklatur baru, Jokowi mendirikan kementerian baru bernama Kementerian Investasi. Kementerian ini disebut sebagai pengembangan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Jokowi juga mengusulkan peleburan Kemendikbud dengan Kemenristek. Selanjutnya Kemenristek hanya menjadi direktorat jenderal di Kemendikbud.

Sedangkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dilepas dari Kemenristek. BRIN berdiri sendiri sebagai lembaga negara yang berada langsung di bawah presiden.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pengumuman reshuffle kabinet dan pelantikan dilakukan pukul 15.30 WIB di Istana Negara Jakarta.