Jokowi Lirik JIS Jadi Opsi Venue Piala Dunia U-17, Ini Kata Erick Thohir

Presiden RI, Joko Widodo merekomendasikan penggunaan Jakarta International Stadium (JIS) untuk dijadikan salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17.

Ketua umum PSSI Erick Thohir bersama Presiden Joko Widodo saat menyaksikan laga Timnas Indonesia Vs Argentina. (Foto: IG/erickthohir)

apahabar.com, BANJARMASIN - Presiden RI, Joko Widodo merekomendasikan penggunaan Jakarta International Stadium (JIS) untuk dijadikan salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir menerima rekomendasi dari Jokowi.

"Saya sangat terbuka arahan bapak presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa," kata Erick Thohir.

"Tetapi itu yang saya sampaikan kepada bapak Presiden, tentu FIFA akan meninjau ulang karena jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standarisasi, termasuk tadi stadion JIS pasti kita akan cek," tambahnya.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Media Vietnam Sebut Indonesia 'Kesayangan FIFA'

Diketahui, saat ini Indonesia memang telah memiliki enam stadion dengan standar FIFA. Keenamnya merupakan stadion yang pernah diajukan untuk venue pertandingan dari Piala Dunia U-20 yang batal digelar.

Namun kata Erick, meski keenam stadion tersebut telah melalui pengecekan FIFA, tetap saja FIFA akan kembali meninjau ulang untuk perhelatan Piala Dunia U17.

Sebab ia menyebut, mungkin saja ada perbedaan antara standar dari yang sebelumnya dengan yang sekarang. Apalagi soal stadion JIS yang tidak masuk ke dalam enam stadion yang diajukan kala itu.

"Kembali, penunjukan U-17 ini kan apresiasi FIFA kepada Indonesia. Nah tentu kan kami menunggu kehadiran FIFA untuk berkoordinasi seperti apa standarisasi yang diharapkan, termasuk tentu stadion," jelas Erick.

Baca Juga: Akhiri Drama Pencabutan Status Tuan Rumah, FIFA Resmi Umumkan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Untuk apa yang menjadi kekurangan dari JIS, Erick berencana akan meninjau secara langsung ke lokasi guna memastikan segala kekurangan agar bisa segera dilakukan perbaikan.

"Akses-akses ini yang harus dipastikan, tidak mungkin hanya satu pintu. Ini yang harus kita tinjau di lapangan, saya sudah dapat laporannya sebenarnya," terang Erick.

"Tapi tentu nanti bersama Pak Heru sebagai Plt Gubernur, kita akan meninjau langsung bersama Pak Basuki (Menteri PUPR) juga. Kira kira kekurangan apa yang harus dilengkapi," sambungnya.

Sejauh ini, PSSI memang belum mengatakan secara pasti stadion dan kota mana saja yang akan dijadikan sebagai tuan rumah untuk menggelar kejuaraan tertinggi sepakbola kelompok usia di bawah 17 tahun.

Baca Juga: Duh, Konser Coldplay di Jakarta Bentrok dengan Piala Dunia U-17 2023

Tetapi yang pasti, Erick telah membocorkan dua kota yang sudah pasti ditunjuk sebagai penyelenggara yakni Jakarta dan Surabaya.

Alasannya karena kemarin keduanya sempat menjadi venue dari gelaran dua FIFA Matchday Tim Nasional (Timnas) Indonesia menghadapi Palestina dan Argentina.