Iduladha 2023

Jokowi Beli Sapi Limosin Berbobot 1 Ton Asal Sumatera Utara

Presiden Jokowi membeli sapi limosin dengan bobot 1 ton milik warga Deli Serdang, Sumatera Utara untuk dikurbankan dalam gelaran Iduladha 2023.

Peternak memberi makan sapi yang dibeli Presiden Joko Widodo di Desa Tandem Hilir, Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (24/6/2023). (ANTARA/HO)

apahabar.com, JAKARTA - Presiden Jokowi membeli sapi limosin dengan bobot 1 ton milik warga Deli Serdang, Sumatera Utara untuk dikurbankan dalam gelaran Iduladha 2023.

Sapi tersebut nantinya akan disembelih di Masjid Agung Medan dan dibagikan kepada warga sekitar.

"Berat sapi ditimbang terakhir 1.020 kilogram, sapi ini bernama Mosin karena jenisnya limosin," kata Rahmat, pemilik sapi yang dibeli Jokowi, Minggu (25/6).

Baca Juga: Plt Bupati Bogor: Warga Waspadai Cuaca Ekstrem saat Libur Iduladha

Rahmat menerangkan bahwa pembelian sapi bermula dari kehadiran utusan Jokowi untuk menanyakan sapi di Desa Tandem Hilir, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang dengan berat satu ton.

"Kemudian kami menawarkan sapi ini kepada pihak provinsi tersebut. Lalu sapi itu ditimbang, setelah itu diambil darah, air liur dan kotorannya," ujarnya.

Lalu 15 hari kemudian ia didatangi kembali oleh Pemprov Sumatera Utara untuk membeli sapi dan memberikan obat cacing beserta vitamin. 

"Sapi si Mosin dengan berat 1.020 kg ini ditawarkan Rp90 juta, kemudian sapi yang dipesan Presiden Jokowi ini direncanakan akan dikirim Mesjid Agung Medan pada 28 Juni 2023," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Sapi Terbesar di Natuna Dibeli Jokowi

Sapi yang dibeli Jokowi akan dirawat secara khusus dengan pakan dan vitamin yang memadai.

"Sapi ini diberikan pakan konsentrat yang segar jadi tetap terjaga bobot badan, kemungkinan bisa bertambah berat sapi tersebut menjelang Idul Adha nantinya," imbuh dia.

Sementara Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi menerangkan Jokowi memberikan 38 ekor sapi yang hendak didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia dalam gelaran Iduladha 2023.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk, jadi menjadi 38," pungkas Heru.