Ganjar Capres PDIP

Jokowi Apresiasi Keputusan Megawati Usung Ganjar jadi Capres PDIP

Presiden Jokowi mengepresiasi keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memutuskan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung PDIP.

Jokowi dan Ganjar dalam sebuah acara di Istana presiden. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA - Presiden Jokowi mengepresiasi keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang memutuskan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang diusung PDIP.

"Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan Ibu Megawati," ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan dalam Rapat DPP PDIP terkait penetapan capres yang diusung di Istana Batutulis, Jumat (21/4).

Jokowi menilai rakyat perlu segera mengetahui siapa pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, agar rakyat memiliki kesempatan yang memadai untuk menilai dan menentukan pilihannya.

"Proses pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 sudah semakin dekat, sekarang saatnya rakyat mengetahui siapa calonnya," imbuhnya.

Baca Juga: Megawati Perintahkan 3 Pilar Partai, Turun ke Akar Rumput dan Menangkan Ganjar Pranowo

Jokowi menilai, Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, sebagai sosok yang tepat. Ganjar merupakan pemimipin yang dekat dengan rakyat. Ia juga menegaskan suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis," ujarnya.

Karena itu, Jokowi meminta, pemimpin yang terpilih nantinya harus melanjutkan visi bangsa dan program unggulan yang telah dicanangkan sesuai dengan ideologi negara, Pancasila, persatuan dan kesatuan nasional, serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi sosial bangsa Indonesia.

Selain itu, Jokowi mengingatkan agar pemimpin mampu mewujudkan Kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, serta pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional.

Baca Juga: Megawati Umumkan Ganjar Capres PDIP, Puan jadi Ketua Tim Sukses

Jokowi juga menekankan soal kemandirian nasional, berdikari, dan kepemimpinan Indonesia di masyarakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional.

"Semoga pilpres 2024 berjalan dengan damai dan demokratis, terpilih pemimpin yang meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan makmur," pungkas Jokowi.