News

Jenderal Dudung Terima Gelar Kehormatan Dewan Adat Dayak Kalteng

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Serangkai Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 di Palangka Raya, Kepala Staf…

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman diberi gelar kehormatan Dewan Adat Dayak Kalteng dalam rangkauan KKN Kebangsaan di Universitas Palangka Raya. Foto: Antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Serangkai Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2022 di Palangka Raya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima gelar kehormatan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah.

Gelar kehormatan untuk Dudung diberikan dengan sebutan ‘Mantir Hai Panahbahan, Antang Pasehai Karambang Pulau Mandereh Danum, Hambat Nusa Hapamantai Tambuyn, Tisan Marutai Paluru Barantai, Mandui Asep Sanwa Laut.

“Sebutan tersebut berarti satu orang pemberani, bijaksana dan cerdas untuk menjaga keutuhan NKRI,” papar Ketua Umum DAD Kalteng, Agustiar Sabran, seperti dilansir Antara, Sabtu (16/7) malam.

Selain Jenderal Dudung, gelar kehormatan DAD Kalteng juga diberikan kepada Hasto Kristiyanto. Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini diberi nama kehormatan Mantir Hai Panambahan.

“Jujur saya bangga atas gelar yang telah diberikan. Suatu kehormatan bisa mendapatkan gelar adat ini. Tentunya ini menjadi konsekuensi secara pribadi untuk menjaga masyarakat Kalteng bersatu cinta NKRI,” sahut Dudung.

Baca juga:Hadiri KKN Kebangsaan, Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tiba di Palangka Raya

Sebelumnya Sekjen DAD Kalteng, Yulindra Dedy, menjelaskan sebutan yang diberikan merupakan kesepakatan dalam Forum Damang.

Sedangkan untuk Hasto Kristiyanto diberikan ‘papeteh’ atau pesan dan harapan serta diangkat sebagai warga kehormatan Masyarakat Adat Dayak, sehingga sudah menjadi keluarga besar keluarga dari masyarakat Dayak.

“Papeteh itu diberikan kepada beliau agar datang ke Kalteng bisa menjalankan tugas, untuk membantu Kalteng meningkatkan sumber daya manusia di Kalteng,” papar Yulindra.