Tak Berkategori

Jemaah Haul Tuan Guru Zainal Ilmi Membeludak, Satu Kampung Siapkan Konsumsi

apahabar.com, MARTAPURA – Warga Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura, sudah memprediksi akan banyaknya jemaah yang hadir…

warga Desa Dalam Pagar Ulu bahu membahu memasak nasi untuk konsumsi tamu Haul Tuan Guru H Zainal Ilmi. Foto-apahabar.com/AHC 15

apahabar.com, MARTAPURA - Warga Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura, sudah memprediksi akan banyaknya jemaah yang hadir di Haul Tuan Guru H Zainal Ilmi yang ke-63. Untuk itu, warga pun sudah bersiap menjamu tamu haul tersebut.

Jauh sebelum acara haul digelar, warga Desa Dalam Pagar Ulu sudah mempersiapkan konsumsi berupa beras sebanyak 75 blek (750 Kg) dan daging sapi sebanyak 2 pikul setengah atau sekitar 1281 kilogram.

Hal itu diungkapkan warga Desa Dalam pagar Ulu, Zainuddin. Diungkapkannya, semua keperluan dapur untuk haul Tuan Guru H Zainal Ilmi menggunakan dana swadaya masyarakat.

“Kami tidak melakukan bapintaan (meminta sumbangan) ke mana-mana, murni menggunakan dana pribadi dari ahlulbait,” katanya.

Untuk konsumsi, sambung Zainuddin, karena di Martapura sudah terbiasa menjadikan "Nasi Samin" sebagai menu konsumsi peringatan haul. Untuk itu, dirinya bersama warga Desa Dalam Pagar Ulu bahu membahu memasaknya.

“Semua itu kami kerjakan beramai-ramai bersama dengan masyarakat di sini,” ungkap Zainuddin.

warga Desa Dalam Pagar Ulu bahu membahu memasak nasi untuk konsumsi tamu Haul Tuan Guru H Zainal Ilmi. Foto-apahabar.com/AHC 15

Selain warga, pihak TNI-Polri, relawan dan emergency pun turut membantu jalannya peringatan haul ulama sekaligus pejuang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Martapura Timur Ipda Suriadi menyampaikan kepadaapahabar.com bahwa pihak Polri dari Polsek Martapura Timur menurunkan anggota 7 orang, sementara pihak TNI (Koramil) menurunkan sebanyak 5 orang Bhabinsa.

“Kami juga dibantu oleh pihak relawan dan emergency serta masyarakat yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Diakui Ipda Suriadi, jemaah yang datang pada Haul Tuan Guru Zainal Ilmi kali ini, kurang lebih 10 ribu jemaah.

“Setiap tahun, jemaah yang datang untuk memperingati Haul Tuan Guru Zainal Ilmi ini semakin banyak dan semakin bertambah saja,” katanya.

“Jemaah yang datang untuk Haul sangat banyak, namun karena terpencar tempat duduknya, maka pengamanan semakin kami tingkatkan. Beruntungnya pihak relawan dan masyarakat juga ikut membantu kami untuk mengamankan hingga memudahkan pengamanan Haul,” jelasnya.

Baca Juga: Mengenang Tuan Guru Zainal Ilmi (1); Menegur Kekhilafan dengan Pandangan Batin

Reporter: AHC 15Editor: Muhammad Bulkini