Jelang Pemilu 2024, Puluhan Bacaleg di Batola Memilih Mengundurkan Diri

Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD di Barito Kuala, memutuskan mengundurkan diri.

Maskot Pemilu 2024 yang dipajang di Kantor KPU Barito Kuala di Jalan Jenderal Sudirman Marabahan. Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN - Puluhan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD di Barito Kuala, memutuskan mengundurkan diri.

Fakta tersebut diketahui dari rekapitulasi pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bacaleg Pemilu 2024 yang disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batola.

"Hingga batas akhir pengajuan perbaikan dokumen persyaratan, Minggu (9/7) pukul 23.59 Wita, jumlah bacaleg yang diajukan sebanyak 455 orang," jelas Komisioner KPU Batola, Noor Yanto, Senin (10/7).

"Dibandingkan dengan pengajuan bacaleg beberapa waktu lalu, berarti sekitar 30 orang yang memutuskan mengundurkan diri," imbuhnya.

Adapun pengunduran diri dari pencalonan lebih disebabkan faktor internal partai politik maupun bacaleg bersangkutan.

Masih berdasarkan rekapitulasi tersebut, sedikitnya 3 dari 17 parpol yang mengubah jumlah bacaleg. Salah satunya Partai Perindo dari 35 menjadi hanya 8 orang.

Kemudian Partai Bulan Bintang (PBB) dari sebelumnya 35 menjadi 33 bacaleg. Terakhir Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari 35 menjadi 34 bacaleg.

Baca Juga: PKN Memilih Absen, Pemilu 2024 di Batola Diikuti 17 Parpol

Baca Juga: Partai Gelora Penuhi Kewajiban, KPU Batola Lanjut Verifikasi Administrasi

Sesuai rundown dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2023, tahapan berikutnya adalah verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan bakal calon yang berlangsung hingga 6 Agustus 2023.

"Dalam verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan, catatan akhir yang dibubuhkan bukan lagi Memenuhi Syarat (MS) atau Belum Memenuhi Syarat (BMS)," tegas Noor Yanto.

"Oleh karena sudah tahap akhir, catatan yang diberikan adalah Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," sambung Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Batola ini.

Setelah verifikasi administrasi perbaikan dirampungkan, tahapan berikutnya adalah rangkaian penyusunan Daftar Caleg Sementara (DCS) yang dimulai 6 Agustus hingga 23 September 2023.

"Setelah melalui berbagai tahapan, Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilu 2024 akan diumumkan 4 November 2023 mendatang," pungkas Noor Yanto.