Jelang Pembukaan MTQ Kalsel di Banjarbaru, Venue Tersebar di 11 Lokasi

Persiapan event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kalimantan Selatan ke-34 di Banjarbaru hampir selesai 100 persen.

Persiapan MTQ Kalsel di Murjani Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Hasan

apahabar.com, BANJARBARU - Persiapan event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kalimantan Selatan ke-34 di Banjarbaru hampir selesai.

Panitia membuat panggung utama dengan konsep  Masjid Agung Al-Munawwarah sebagai ikon Kota Idaman. 

"Kesiapan panggung utama sudah, target selesai kira-kira Kamis, karena pembukaan pada malam Sabtu," ungkap Wakil Wali Kota sekaligus Ketua LPTQ Banjarbaru, Wartono.

Wartono telah memantau secara langsung persiapan di Lapangan dr. Murjani pada Senin (17/7) kemarin. 

Dia juga telah memastikan kesiapan akomodasi kafilah seperti penginapan juga angkutan. Begitu pun dengan venue. 

"Ada 11 venue yang tersebar di beberapa tempat, seperti di Masjid Nurul Iman kilometer 33 untuk cabang lomba hafalan hadits 100 dengan sanad dan hafalan hadits 500 tanpa sanad, dan Masjid PLN Panglima Batur untuk cabang lomba Tafsir Bahasa Indonesia, Tafsir Bahasa Arab, dan Tafsir Bahasa Inggris," tuntasnya.

Baca Juga: Meriahnya Pawai Hijriah 1 Muharram di Martapura Banjar, Diikuti Ribuan Peserta

Sementara itu, Sekretaris Umum LPTQ Kota Banjarbaru, Rimazullah, menyebutkan sebaran lokasi venue untuk event ini. 

"Ada di Aula Dinas Pendidikan di Jalan Pendidikan Nasional nomor 1, RO Ulin, Kelurahan Loktabat Selatan, untuk Cabang Lomba Fahmil Qur'an," katanya. 

Kemudian, di Aula Dinas Sosial di Jalan Putri Junjung Buih untuk cabang lomba tahfidz 10, 20 dan 30 Juz. Lalu, di Mess L di Jalan Garuda di belakang Museum Banjarbaru untuk cabang lomba Syarhil Qur'an.

Selanjutnya, di GOR Rudi Resnawan di Jalan Trikora untuk cabang lomba Khat Al-Qur'an dan Kaligrafi, SMK Negeri 1 Banjarbaru di Jalan Ahmad Yani Km 32 untuk cabang lomba Makalah Al-Qur'an, dan Masjid Agung Al-Munawwarah di Jalan Trikora untuk cabang lomba Tilawah Anak-anak , Tartil dan Cacat Netra.

Baca Juga: Ketua YLPKI Minta PTAM Bandarmasih Fokus Tingkatkan Pelayanan

Kemudian, Masjid Hidayatul Muhajirin di Jalan Kemuning atau di belakang Kolam Renang Idaman untuk cabang lomba tahfidz 1, 5 Juz dan Tilawah.

Berikutnya, Masjid Al-Islah di Jalan RO Ulin untuk cabang lomba Qira'at Mujawwad Sab'ah, Qira'at Murottal Remaja dan Qira'at Murottal Dewasa.

Terakhir, Lapangan dr. Murjani untuk Cabang Lomba Tilawah remaja dan dewasa sekaligus sebagai lokasi panggung utama acara seremoni pembukaan dan penutupan. 

Sebagai informasi, gelaran akbar ini bakal dilangsungkan pada 21 hingga 28 Juli 2023 di Lapangan dr. Murjani Banjarbaru dengan diikuti perserta dari 13 kabupaten dan kota di Banua.