Jelang Isra Mikraj 2023, Simak 3 Amalan yang Dianjurkan di Malam 27 Rajab

Merujuk kalender Hijriah dari situs simbi.kemenag.go.id, Isra Mikraj tahun 2023 jatuh pada 27 Rajab 1444 H atau dalam kalender masehi tanggl 18 Februari 2023.

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN - Merujuk kalender Hijriah dari situs simbi.kemenag.go.id, Isra Mikraj tahun 2023 jatuh pada 27 Rajab 1444 H atau dalam kalender masehi tanggl 18 Februari 2023.

Nah, jelang memeperingati hari spesial bagi umat Islam ini, ada sejumlah amalan yang dianjurkan saat memperingati Isra Mikraj, apa saja itu? Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut 3 amalan yang dianjurkan pada malam 27 Rajab atau Isra Mikraj.

1. Doa

Ulama Thariqah Tijani, Al-Arif Billah Sayyidi Imam Muhammad Bin Abdul Wahid an-Nazhifiy, menganjurkan mengamalkan sebuah doa di Malam 27 Rajab. berikut lafalnya:

Allahuma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin,tujibta da’wati,yaa-akramil akramiin.”

2. Sholat Sunah

Dalam Kitab Ihya Ulumidiin Imam Al-Gazali menganjurkan untuk melaksanakan sholat sunah di tanggal 27 Rajab. Berikut tata caranya:

1. Didirikan sebanyak 12 rakaat dengan 6 kali salam.
2. Setelah Sholat Membaca wirid berikut sebanytak 100 kali
3. Subhaanallaah wal hamdu lillah walaa ilaaha illallaahu wallaahu akbar sebanyak 100 kali,
4. Membaca istighfar 100 kali
5. Sholawat 100 kali.

3. Perbanyak Salawat

Dilansir dari Kitab Durrotun Nasihib bawhasannya Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakir menganjurkan membaca Sholawat di malam 27 rajab. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW:

"Aku melihat pada malam Mikraj sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari es dan lebih harum dari kesturi. Maka aku bertanya kepada Jibril, “Hai Jibril untuk siapakah ini?”, Jibril Menjawab: untuk orang yang bershalwat padamu di Bulan Rajab."