Kalteng

Jelang Iduladha, Dinas Pertanian Kapuas Periksa Hewan Kurban

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menjelang Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, melalui bidang…

Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melakukan pemeriksaan hewan kurban. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Menjelang Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalteng, melalui bidang peternakan melaksanakan pemeriksaan ternak sapi mau pun kambing yang siap dijual sebagai ternak kurban, Senin (12/7).

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kapuas, drh Anik Ariswandani mengatakan pemeriksaan stok sapi kurban tahap pertama dilaksanakan pihaknya di tempat penjualan ternak kurban.

“Untuk Kabupaten Kapuas tidak ditemukan adanya tempat khusus penjualan ternak kurban. Ternak dijual oleh peternak di kandang mereka masing,” katanya di sela pemeriksaan ternak kurban.

Di Kabupaten Kapuas sendiri terdapat beberapa kecamatan yang berperan sebagai kantong penyedia ternak kurban, di antaranya Kecamatan Basarang, Mantangai, Bataguh, Tamban Catur, Kapuas Kuala dan Kecamatan Kapuas Murung.

Dalam melakukan pemeriksaan pihaknya mendatangi langsung kandang milik peternak untuk mendata dan memeriksa kesehatan ternak yang siap jual sebagai ternak kurban.

“Ternak diperiksa untuk memastikan bahwa ternak cukup umur dan dalam kondisi sehat. Ternak yang layak sebagai hewan kurban kemudian mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan,” ujarnya.

Untuk sementara dari hasil pemeriksaan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kapuas, tidak ditemukan adanya ternak yang belum cukup umur maupun yang tidak sehat.

Menurut drh Anik, antusiasme masyarakat tahun ini untuk membeli hewan kurban lebih besar dari tahun sebelumnya.

“Beberapa peternak mengutarakan kalau tahun ini sudah menerima pesanan sapi qurban lebih banyak dari tahun kemarin,” pungkas Anik.