Kalsel

Jalan Penghubung Desa Mulus, Warga Kusambi Hulu Jadikan ‘Tempat Wisata’

apahabar.com, PARINGIN – Jalan penghubung antar desa Kusambi Hulu dan Murung Binjai di kecamatan Lampihong, Kabupaten…

Jalan penghubung antar desa Kusambi Hulu dan Murung Binjai di kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan jadi tempat wisata dadakan. Foto-apahabar.com/Agus

apahabar.com, PARINGIN – Jalan penghubung antar desa Kusambi Hulu dan Murung Binjai di kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, selesai dibangun. Kondisi jalan yang mulus ditambah dengan pemandangan indah di area persawahan itu sontak dijadikan tempat wisata dadakan bagi warga sekitar.

Melihat minat masyarakat ke tempat itu, Kepala Desa Kusambi Hulu, Suliha Mukro berinisiatif membuat kegiatan pesta layang-layang di awal tahun baru 2020.

“Dengan adanya wisata dadakan ini banyak pengunjung yang datang jumlahnya lebih dari seratus (orang) yang berkunjung, maka dari itu kami pemerintah Desa berinisiatif membuat kegiatan pesta layang-layang di awal tahun baru nanti," ujarnya.

Selain sebagai rasa syukur atas selesainya jalan desa ini, sambung Suliha, pihaknya juga ingin mempromosikan wisata pada masyarakat setempat. Dengan begitu pendapatan warga sekitar diharapkan dapat bertambah.

Salah satu pedagang yang mangkal di tempat itu, Mahuni mengungkapkan, dirinya sangat diuntungkan dengan adanya wisata dadakan tersebut.

“Alhamdulillah dengan adanya wisata ini kami bisa berdagang, menambah penghasilan selain ke kebun menyadap karet,” tuturnya.

Petani yang kini memiliki kegiatan sambilan menjadi pedagang pentol (bakso) itu mengaku mendapat laba ratusan ribu per hari.

"Sekitar seratus ribu hingga tiga ratus ribu perhari," beber Mahuni.

Salah satu pengunjung, Ija, mengaku senang dengan adanya alternatif wisata di penghujung tahun 2019 ini. Dia berharap, ada wahana yang disediakan untuk menarik lebih banyak pengunjung.

"Seperti spot foto atau jenis wahana," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Ajak Cucu Liburan ke Mal

Baca Juga: Belajar dari Bali, Pelindo III Kalimantan Ingin Kembangkan Fasilitas Penunjang Pariwisata

Reporter: Agus Suhadi
Editor: Muhammad Bulkini

Tags
Kalsel