Kalsel

Jalan di Amuntai Rusak-Rusak, Aliansi Tabalong Siap Turun ke Jalan

apahabar.com, TANJUNG – Aliansi Tabalong Bersama bersiap menggelar aksi turun ke jalan. Demonstrasi sebagai protes terhadap…

Sebelum diperbaiki jalan yang berjarak sekitar 200 meter dari kantor Bupati Tabalong rusak parah. Foto-apahabar.com/Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Aliansi Tabalong Bersama bersiap menggelar aksi turun ke jalan. Demonstrasi sebagai protes terhadap aktivitas truk angkutan berat.

Menariknya, rencana aksi juga sebagai bentuk solidaritas terhadap masyarakat di Hulu Sungai Utara (HSU) yang tengah berjuang agar pemerintah maupun PT Conch segera memperbaiki kerusakan jalan, rumah dan jembatan akibat aktivitas truk semen.

“Kami minta pemerintah menegakkan aturan, bagi angkutan yang melebihi kapasitas jalan supaya dihentikan sembari menunggu perbaikan jembatan di Paringin,” kata Ketua Aliansi Tabalong Bersama, Akhmad Rusmadi kepadaapahabar.com, Kamis (16/12) malam.

Rusmadi meminta aparat berwenang menjalankan kesepakatan yang telah diambil saat rapat koordinasi jajaran Polda Kalsel, Balai Jalan, Dishub, Dinas PUPR Kalsel, Pemkab Tabalong bersama Forkopimda Tabalong dan lainnya di Pendopo Bersinar, Kamis 8 Juli silam.

Hasil rakor mengamanatkan pengawasan melekat kepada truk yang melebihi kapasitas jalan supaya dijalankan secara maksimal.

“Tegakan kesepakatan tersebut dan tegakkan juga aturan perundang-undangan yang berlaku di negara kita ini,” pinta Rusmadi.

“Jika aturan perundang-undangan tidak ditegakkan maka kami akan turun ke jalan lagi,” tegasnya.

Dari Amuntai, seperti diwartakan sebelumnya, rencana aksi sweeping truk bermuatan semen asal Tabalong menguat lagi.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya:

Pasalnya, sampai hari ini truk-truk diduga kelebihan muatan alias ODOL masih melintasi ruas jalan provinsi di HSU yang telah rusak-rusak.

"Jalan-jalan rusak, ditambah lagi salah satu jembatan sudah mulai retak, masyarakat masih terus mengeluh," ujar Ketua Persatuan Kepala Desa (Perkades) Amuntai Tengah, HM Yunus, Kamis (16/12).

Kian hari, HM Yunus mengatakan bahwa kerusakan jalan dan jembatan di desanya makin serius. Sebagaian oprit Jembatan Pinang Habang kini sudah ambrol.

Sejak pertengahan pekan lalu, aksi buka tutup jalan provinsi di Pinang Habang, desa yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga, sudah dilakukan.

Demikian dengan upaya menuntut pertanggungjawaban PT Conch selaku distributor semen yang bermarkas di Kabupaten Tabalong juga sudah dilakukan.

Termasuk menuntut perbaikan jalan sesegera mungkin bahkan hingga ke DPRD Kalsel. Namun, beragam upaya itu hingga kini tak membuahkan hasil. PT Conch masih bergeming.

"Setelah kami menghadiri rapat dengan DPRD Kalsel tanggal 8 Desember dan diberikan 1 pekan untuk lanjutannya, sekarang sudah lewat sepekan," terang Yunus.

Penutupan setengah badan jalan menggunakan batang pohon kelapa di Pinang Habang nyatanya juga tak mengurangi intensitas truk yang melintas.

"Kami masih mendiskusikan dengan semua kades yang ada di Amuntai Tengah untuk aksi lanjutanya, entah kapan aksi sweeping itu dilakukan, tunggu saja kabarnya," sambung Yunus.

Pantauan terbaru apahabar.com, sampai saat ini lubang jalan masih sangat mudah ditemui di jalan-jalan provinsi di HSU yang konturnya telah bergelombang.

Kondisi demikian diperparah dengan masih banyaknya truk diduga ODOL yang melintasi jalan provinsi di HSU akibat perbaikan Jembatan Paringin di Balangan.

Tak ayal, keberadaan truk-truk berbobot puluhan ton itu makin membuat dalam lobang yang ditimbulkan di jalan provinsi yang notabene kelas 3 dengan muatan sumbu terberat kurang dari 8 ton itu.

Terbaru, sebuah truk Mitsubishi DA 8406 PW dari Tabalong kembali ambles, Kamis (16/12) pukul 15.45. Lokasinya sama dengan truk pengangkut semen yang terjungkal di simpang tiga lampu merah Palampitan arah menuju Banjarmasin.

Truk Ambles Lagi di Amuntai, Rencana Sweeping Menguat!

Dilengkapi oleh Syarif Hidayatullah