Kalteng

Jaga Pemudik di Pos Perbatasan Kalteng, Puluhan Petugas Dites Antigen

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Puluhan petugas pos penyekatan arus mudik di perbatasan Kalimantan Tengah dan Selatan…

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, meninjau pos penyekatan arus mudik perbatasan Kalselteng di Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas. Foto: apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Puluhan petugas pos penyekatan arus mudik di perbatasan Kalimantan Tengah dan Selatan di Kecamatan Kapuas Timur, menjalani rapid test antigen, Selasa (4/5).

Pemeriksaan dilakukan pos check point di Jembatan Timbang Kilometer 12 Kecamatan Kapuas Timur oleh petugas dari Puskesmas Anjir Serapat.

Hasilnya dari 88 petugas yang bertugas di pos penyekatan, tidak seorang pun dinyatakan positif Covid-19.

“Tujuan pelaksanaan rapid tes antigen adalah untuk memastikan semua petugas dalam keadaan sehat,” papar Kapolres Kapuas AKBP, Manang Soebeti, melalui Kapolsek Kapuas Timur Iptu Eko Sutrisno.

“Pemeriksaan juga demi memberikan jaminan dan kenyamanan kepada masyarakat bahwa petugas yang memeriksa dalam kondisi prima dan tidak terkontaminasi Covid-19,” imbuhnya.

Pemeriksaan itu senada dengan keinginan Bupati Ben Brahim S Bahat. Ditegaskan bahwa semua orang yang masuk Kapuas, harus menunjukan bukti keterangan negatif Covid-19.

“Semua harus betul-betul clear. Dalam artian bisa menunjukkan hasil pemeriksaan Covid-19,” tegas Ben Brahim ketika meninjau pos perbatasan, Selasa (4/5).

“Namun demikian, sebaiknya perjalanan hanya dilakukan untuk kepentingan mendesak seperti melahirkan, berobat, kunjungan duka, distribusi logistik atau bahan pokok dan pelaku perjalanan dinas,” tambahnya.

Bupati Kapuas dua periode itu juga menegaskan, penyekatan dilakukan untuk keselamatan masyarakat di kabupaten berjuluk Tinggang Menteng Panunjung Tarung tersebut.

“Semuanya demi keselamatan masyarakat dari virus corona. Virus ini memang ada dan mematikan,” pungkas Ben Brahim.

Petugas pos penyekatan menjalani pemeriksaan rapid antigen sebelum menjalankan tugas. Foto: Foto: apahabar.com/Irfansyah