Sport

Jadwal Siaran Langsung Perempat Final: Inggris Dijajal Ukraina, Denmark vs Republik Ceko

apahabar.com, JAKARTA – Dua negara segera menyusul Italia dan Spanyol ke semifinal Euro 2020. Mereka adalah…

Andai mampu melewati perempat final, Republik Ceko dan Inggris akan bertemu untuk kali kedua di Euro 2020. Foto: Republika

apahabar.com, JAKARTA – Dua negara segera menyusul Italia dan Spanyol ke semifinal Euro 2020.

Mereka adalah pemenang Inggris versus Ukraina dan Denmark melawan Republik Ceko, Minggu (4/7) dini hari.

Italia melangkah ke semifinal, setelah mengalahkan Belgia dengan skor 2-1 di Krestovsky Stadium, St Petersburg, Sabtu (3/7).

Sementara sebelumnya Spanyol mengandaskan harapan Swiss Fussball Arena, Munich, melalui adu penalti yang berkesudahan 3-1.

Inggris dijagokan mengikuti jejak Spanyol dan Italia, mengingat lawan mereka cuma Ukraina di Stadio Olimpico, Roma.

Perjalanan Ukraina di Euro 2020 sendiri cukup berliku. Skuat besutan Andriy Shevchenko lolos ke babak 16 besar dengan predikat peringkat ketiga terburuk.

Lantas di babak 16 besar, Ukraina berhasil membuat kejutan lagi dengan mengalahkan Swedia 2-1 lewat babak tambahan.

Sementara Inggris terbilang cukup konsisten, kendati tidak terlalu meyakinkan lantaran hanya mencetak 2 gol di fase grup.

Kemudian di babak 16 besar melawan Jerman, gol-gol Raheem Sterling dan Harry Kane memberi Three Lions kemenangan 2-0 atas Jerman.

Catatan lain dari Inggris adalah masih clean sheet di Euro 2020. Bahkan skuat besutan Gareth Southgate ini tak pernah kebobolan dalam 6 pertandingan terakhir.

Sebaliknya Ukraina tanpa clean sheet alias selalu kebobolan dalam 10 pertandingan yang telah dilakoni di putaran final Euro.

Ukraina dan Inggris sendiri baru sekali bertemu di putaran final Euro, tepatnya di fase grup 2012. Inggris meraih kemenangan berkat gol semata wayang Wayne Rooney.

Total dari 7 pertemuan, Ukraina hanya mampu menang sekali dan menelan 4 kekalahan. Dalam catatan pertemuan itu, Inggris mampu mencetak 9 gol dan kebobolan 3 gol.

Hasil pertandingan di Stadion Olimpico tersebut akan melawan Republik Ceko atau Denmark di semifinal.

Ceko dan Denmark yang disebut-sebut sebagai paket kejutan di Euro 2020 ini, akan baku hantam di Stadion Olympic, Baku, Azerbaijan.

Kejutan terbesar yang dibuat Republik Ceko di Euro 2020 adalah menyingkirkan Belanda di babak 16 besar.

Sementara Denmark yang memulai Euro 2020 dengan tertatih-tatih, berhasil mencukur Wales empat gol tanpa balas di babak 16 besar.

Berkaca dari rekor head to head, Ceko terbilang dominan. Dari 25 pertemuan sepanjang sejarah, Ceko membukukan 13 kemenangan dan hanya 2 kekalahan.

Ceko terakhir kali lolos ke semifinal Euro 2004 yang digelar di Portugal. Sedangkan Denmark terakhir kali lolos ke perempat final, juga di edisi 2004.

Menariknya lawan yang menghentikan perjalanan Denmark di Euro 2004 adalah Republik Ceko. Mereka menang dengan skor 3-0 berkat dua gol dari Milan Baros dan Jan Koller.

Tomas Galasek yang sekarang menjabat asisten pelatih Republik Ceko, termasuk salah seorang pemain yang ambil bagian dalam kemenangan di Euro 2004 tersebut.

Berikut jadwal siaran langsung pertandingan perempat final antara Republik Ceko melawan Denmark dan Inggris kontra Ukraina:

Minggu, 4 Juli 2021

Republik Ceko vs Denmark
Olympic Stadium, Baku
live RCTI pukul 00.00 Wita

Ukraina vs Inggris
Olimpico Stadium, Roma
live RCTI pukul 03.00 Wita