Sport

Jadwal MotoGP Portugal, Tantangan Menunggu Comeback Marc Marquez

apahabar.com, JAKARTA – Sudah dipastikan tampil di MotoGP Portugal, bukan berarti Marc Marquez dengan mudah kembali…

Hampir sembilan bulan absen membalap, Marc Marquez dijadwalkan melakoni comeback di MotoGP Portugal. Foto: Box Repsol

apahabar.com, JAKARTA – Sudah dipastikan tampil di MotoGP Portugal, bukan berarti Marc Marquez dengan mudah kembali meraih posisi terdepan.

MotoGP Portugal digelar, Minggu (18/4). Berbeda dengan dua seri sebelumnya, jadwal penayangan lebih awal mulai pukul 20.00 Wita di Trans7 dan Fox Sport.

Seri ketiga MotoGP 2021 di Sirkuit Algarve ini, hampir dipastikan kembali diikuti Marc Marquez. Kepastian itu sudah diumumkan Repsol Honda, Sabtu (10/4).

Pengumuman tersebut datang lebih cepat dari perkiraan. Sebelumnya partisipasi Marquez di Portugal baru akan ditentukan 12 April.

Faktanya kondisi juara dunia enam kali MotoGP itu terus membaik, seusai tiga kali menjalani operasi cedera lengan kanan yang dialami 25 Juni 2020.

Bahkan sebelum dipastikan batal comeback di dua seri awal MotoGP, Marc Marquez sudah berlatih dengan Honda RC213V-S di Sirkuit Catalunya dan Portimao.

“Saya sangat senang. Kemarin saya mengunjungi tim dokter dan mereka memberi saya lampu hijau untuk kembali berkompetisi,” tulis Marc Marquez via Twitter.

“Setelah sembilan bulan masa sulit dengan ketidakpastian dan pasang surut, sekarang akhirnya saya akan dapat menikmati passion saya lagi. Sampai jumpa minggu depan di Portimao!!” tambahnya.

Menukil dari Motorsports, tantangan besar sudah menunggu Marc Marquez. Terlebih pebalap berjuluk Baby Allien ini belum pernah turun di Sirkuit Algarve.

Maklum saja lantaran Portugal baru mulai musim 2020 menjadi tuan rumah MotoGP. Keluar sebagai pemenang adalah pebalap tuan rumah Miguel Oliveira.

Sirkuit sepanjang 4,592 km dan 15 tikungan itu dikenal menguras fisik, karena kontur yang naik turun. Itu belum ditambah tikungan buta alias blind corners.

Selain faktor sirkuit, Marc Marquez tetap harus beradaptasi dengan Honda RC213V. Masalahnya proses adaptasi motor balap tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ditambah sejumlah rival juga semakin kuat. Duet Suzuki Ecstar, Alex Rins dan Joan Mir, tampak semakin matang.

Belum lagi Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang masing-masing sudah mengantongi satu kemenangan.

Demikian juga dengan pebalap-pebalap Ducati. Jack Miller, Francesco Bagnaia, Johann Zarco dan Jorge Martin terbukti sukses memanfaatkan tenaga gahar Desmosedici GP21 di trek lurus.

Namun begitu, comeback Marc Marquez diyakini sudah didasari pertimbangan matang. Dibanding comeback di Qatar, keputusan tampil di Portugal dianggap sudah tepat.

“Marquez tidak akan kembali tanpa persiapan matang. Tetapi sudah jelas bahwa Portugal menjadi tantangan berat,” ulas Stefan Bradl, pebalap penguji Repsol Honda.

“Saya mengetahui Marquez sudah fit, meski butuh proses untuk kompetitif lagi. Tetapi seandainya Marquez mampu naik podium di Portugal, saya takkan terkejut,” tandasnya.