Sport

Jadwal Live Timnas Indonesia vs Kamboja, Melawan Rekor Buruk Partai Pertama

apahabar.com, SINGAPURA – Live Timnas Indonesia versus Kamboja di pertandingan pertama Piala AFF 2020, Kamis (9/12),…

Selama 26 tahun, Kamboja tidak pernah mampu mengalahkan Timnas Indonesia dalam berbagai kompetisi. Foto: Bola

apahabar.com, SINGAPURA – Live Timnas Indonesia versus Kamboja di pertandingan pertama Piala AFF 2020, Kamis (9/12), akan dimulai pukul 20.30 Wita di RCTI.

Pertandingan di Stadion Bishan ini menjadi langkah awal Timnas Indonesia, sekaligus kesempatan menghapus catatan buruk.

Tercatat sejak Piala AFF 2012, Timnas Indonesia tak pernah meraih kemenangan di paertai perdana. Kemenangan terakhir dibukukan di Piala AFF 2010, ketika Garuda menekuk Malaysia 5-1.

Ketika melawan Laos di partai perdana Piala AFF 2012, Indonesia diimbangi 2-2. Dua tahun berselang, giliran Vietnam yang menahan Indonesia 2-2.

Malah di Piala AFF 2016, Indonesia digasak Thailand 2-4 di partai perdana. Demikian pula di Piala AFF 2018, ketika Evan Dimas cs dikalahkan Singapura 0-1.

Catatan tersebut berpeluang diakhiri, mengingat lawan perdana di Piala AFF 2020 adalah Kamboja. Sejarah mencatat bahwa Kamboja tak pernah mampu mengalahkan Indonesia selama 26 tahun.

Rekor buruk itu terentang sejak pertemuan pertama di pertengahan 1995. Catatan terbaik Kamboja hanya bermain imbang 1-1 dalam kualifikasi Piala Dunia 1998 yang berlangsung 27 April 1997.

Sementara dalam 5 pertemuan terakhir dengan Indonesia di berbagai kompetisi, Kamboja selalu menelan kekalahan.

Pun kekalahan 1-3 dari Malaysia di partai pembuka Piala AFF 2020, diyakini membuat Kamboja semakin tertekan melawan Indonesia.

Meski menghadapi lawan yang di atas kertas dapat ditaklukkan, pelatih Shin Tae-yong memastikan Timnas Indonesia tetap bermain sesuai strategi.

“Kami akan bermain dengan high pressing,” papar Shin Tae-yong mengutip dari laman resmi PSSI.

Dalam rencana Shin Tae-yong, semua pemain harus merebut bola secepat mungkin, bahkan ketika si kulit bulat masih berada di pertahanan lawan.

Kemudian empat bek juga diinstruksikan bermain lebih tinggi, hingga mendekati garis tengah lapangan.

Namun strategi tersebut rawan mendapat serangan balik, terutama kalau pemain melakukan kesalahan individual.

“Memang Kamboja bermain baik dengan penguasaan bola, ketika melawan Malaysia. Namun masih terdapat celah yang membuat mereka kalah,” yakin Shin Tae-yong.