Jadi Nominasi Kabupaten Kota Sehat Nasional, Bupati Tabalong Paparkan di Depan Tim Verifikasi

Kabupaten Tabalong mewakili Provinsi Kalimantan Selatan menjadi nominasi untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa atau Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat melakukan pemaparan di depan tim verifikasi Kabupaten Kota Sehat. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com,TANJUNG - Kabupaten Tabalong mewakili Provinsi Kalimantan Selatan menjadi nominasi untuk mendapatkan penghargaan Swasti Saba Padapa atau Kabupaten Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional tahun 2023.

Khusus Tabalong, penilaiannya dilakukan secara virtual, Senin (31/7/2023) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, langsung memberikan pemaparan secara daring di depan Tim Verifikasi Kementerian Kesehatan.

Pemaparan dilakukan dari Gedung Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak. Di hadiri para pejabat di lingkup Pemkab Tabalong dan pihak terkait lainnya.

Bupati H Anang Syakhfiani, mengatakan masuknya Tabalong sebagai nominasi tersebut merupakan capaian luar biasa.

“Karena dari sembilan tatanan yang di dalamnya ada puluhan indikator yang dinilai, sebagian besar indikator-indikator itu bisa kita penuhi," ucapnya.

Pun demikian, lanjut Anang, menurut tim verifikasi ada bukti dukung yang mesti ditambah oleh Kabupaten Tabalong.

“Kita diberi waktu 2×24 jam untuk melengkapi bukti dukung ini setelah itu kita sampaikan dan serahkan ke tim verifikasi pusat," ungkapnya.

"Jadi bila kriteria dalam penilaian dapat kita penuhi InsyaAllah kita bisa meraih penghargaan kabupaten sehat di Indonesia," imbuh Anang.

Kata Anang, Tabalong mempunyai tim pembina mulai kabupaten, kecamatan, kelurahan dan desa untuk mewujudkan kabupaten sehat ini.

"Ada juga forum kabupaten sehat. Alhamdulillah kita terus bersinergi dengan forum ini," sebutnya.

Anang bilang capaian yang berhasil diraih dan dipaparkan dirinya kepada tim verifikasi adalah hasil kerja bersama termasuk dukungan media.

“Bagi saya kalau masuk ini bukan penghargaan untuk seorang bupati, ini bagian dari ikhtiar kita untuk mengangkat Kabupaten Tabalong," ucapnya.

"Apabila berhasil meraih predikat kabupaten sehat maka orang dari luar akan berpandangan Tabalong sudah bagus," imbuhnya.

Kata Anang, Adipura sudah dapat, pengelolaan lingkungan hidup sudah terbaik, kabupaten layak anak sudah kategori Nindya.

"Jika ditambah dengan kabupaten sehat tentu akan banyak investor yang akan datang ke Tabalong, ini juga pasti berdampak positif terhadap masyarakat kita," pungkasnya.