Tak Berkategori

Intip Tips Terhindar Kemacetan Saat Menuju Sekumpul

apahabar.com, MARTAPURA – Sejak pagi hingga petang tadi, rombongan jemaah terus berdatangan dan memadati kawasan Jalan…

Suasana di kawasan Jalan Ahmad Yani, Martapura, Kabupaten Banjar. Foto-timapahabar.com

apahabar.com, MARTAPURA – Sejak pagi hingga petang tadi, rombongan jemaah terus berdatangan dan memadati kawasan Jalan Ahmad Yani, Martapura, Kabupaten Banjar.

Mereka berduyun duyun menuju kawasan Sekumpul untuk mengikuti Haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul.

Baca Juga:Kapolres Banjar Turun Langsung Atur Kedatangan Ribuan Jamaah Haul Guru Sekumpul

Mengantisipasi penumpukan kendaraan, Polres Banjarbaru menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi jemaah yang akan datang maupun pulang usai kegiatan keagamaan itu selesai.

“Kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi jamaah, baik yang datang menggunakan sepeda motor maupun mobil dan menempatkan personel di sepanjang jalur yang direkayasa,” kata Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya didampingi Kasat Lalu Lintas AKP Gustaf A Mamuaya dikutip dari ANTARA, Sabtu (9/3) siang.

Sejumlah personel Polres Banjarbaru yang diturunkan secara keseluruhan sebanyak 384 orang. Itu termasuk personel satuan lalu lintas yang melakukan pengaturan arus lalu lintas sepanjang Jalan A Yani. Mereka semua disebar di sejumlah titik sesuai penugasan.

Baca Juga:Sholat Magrib, Akses Jalan Achmad Yani Ditutup Sementara

“Personel mulai disiagakan Sabtu (9/3) menempati titik sesuai penugasan sehingga bisa mengatur ketertiban lalu lintas yang dipastikan mengalami kemacetan pada puncak haul sejak Ahad (10/3) pagi hingga malam hari,” jelas Kelana.

Jemaah yang datang dari arah Banjarmasin maupun Palangka Raya, Kalteng baik yang mengunakan roda dua maupun roda empat menuju Jalan Sekumpul Martapura masih bisa melalui Jalan A Yani Jalan Trikora Banjarbaru.

Jika lalu lintas masih lancar, jemaah masih bisa lewat bundaran Simpang Empat Banjarbaru menuju Sekumpul, tetapi jika macet diarahkan ke Jalan PM Noor Sungai Ulin untuk memarkir kendaraannya di lokasi parkir.

Baca Juga:Relawan Kebersihan Mulai Angkut Sampah

“Jemaah yang menggunakan Jalan A Yani, bisa masuk ke Jalan Bina Putra atau Sapta Marga km 29 Banjarbaru, terus Jalan Karang Anyar sebagai jalur alternatif menuju Sekumpul melalui Jalan Veteran,” ujarnya.

Sementara, arus balik dari Bundaran Simpang 4 Banjarbaru menuju Jalan Mistar Cokrokusumo hingga menuju Simpang 3 Traffic Light Jalan Trikora Banjarbaru, akan diberlakukan jalur 1 arah untuk mengurai kemacetan.

“Bagi jemaah yang pulang dari arah Sekumpul Martapura saat arus balik menuju Banjarmasin/Palangka Raya, bisa langsung melalui Jalan A Yani Banjarbaru tanpa harus memutar di Bundaran Simpang 4 Banjarbaru,” pintanya.

Baca Juga:Jemaah Haul Guru Sekumpul Padati Posko Makan Gratis

Untuk kita diketahui, Haul akbar Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani yang akrab disapa Guru Sekumpul ke-14 jatuh pada Minggu, 3 Rajab 1440 H atau 10 Maret 2019. Abah Guru Sekumpul dikenal pula dengan panggilan”Guru Ijai”.

Ia lahir 11 Februari 1942 (27 Muharram 1361 H) di Kampung Tunggul Irang Seberang, Martapura, Kalimantan Selatan. Wafat dalam usia 63 tahun di Martapura pada 10 Agustus 2005, ia dikenal kharismatik.

Editor: Fariz Fadhillah