Nasional

Ingin Punya Mobil Tempur Buatan Pindad, Siapkan Uang Segini

apahabar.com, JAKARTA – Tidak hanya versi militer, Perindustrian TNI Angkatan Darat (Pindad) berencana menjual mobil tempur…

Maung buatan Pindad yang direncanakan dijual versi sipil mulai pertengahan tahun. Foto: Okezone

apahabar.com, JAKARTA – Tidak hanya versi militer, Perindustrian TNI Angkatan Darat (Pindad) berencana menjual mobil tempur Maung dalam versi sipil mulai Juli 2021.

Dalam versi sipil, Maung disinyalir mengusung beberapa perbedaan dari varian tempur. Seperti ketiadaan dudukan senjata, beberapa rollbar, perangkat navigasi, dan sederet fitur kendaraan militer lain.

Pindad Maung diperkirakan menggunakan mesin berkubikasi 2.400 cc turbo diesel dengan sistem DOHC.

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 149 daya kuda dengan torsi sebesar 400 Nm. Tenaga ini digunakan untuk menggerakkan roda dalam sistem penggerak 4WD.

“Kami mengumpulkan beberapa pehobi otomotif dan minta masukan dari semua pihak. Kami juga sudah membentuk unit divisi untu meluncurkan divisi komersial untuk Maung,” papar Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose, seperti dilansir Okezone.

Untuk merasakan sensasi mobil militer itu, masyarakat sipil tinggal menyediakan uang sebesar sekitar Rp600 juta.

Harga tersebut setara mobil produk yang sudah dijual masal seperti Hyundai Santa Fe Grand atau Toyota Fortuner 2.4 G 4×4.

Maung versi militer sendiri direncanakan dibeli Kementerian Pertahanan sebanyak 500 unit dalam tahap pertama dari total per pembelian 3.000 unit.