Relationship

Ingin Menyatakan Cinta? Begini 5 Cara Ungkapkan Isi Hati ke Doi

Lagi naksir seseorang? Ingin menyatakan cinta dengan cara sederhana dan tanpa canggung? Lakukan hal berikut untuk mengungkapkan isi hati pada doi.

Cara Mengungkapkan Perasaan pada Seseorang yang Kita Taksir. Foto: Freepik

apahabar.com, JAKARTA - Lagi naksir seseorang? Ingin menyatakan cinta dengan cara sederhana dan tanpa canggung? Lakukan hal berikut untuk mengungkapkan isi hati pada doi.

Perasaan dapat tumbuh dari mana pun mulai dari pertemanan, rekan kantor bahkan dalam suatu lingkungan dapat menjadi faktor tumbuhnya rasa tersebut.

Tapi kita mungkin bingung mengenai kedekatan dengan seseorang. Apakah tertarik hanya sebatas teman? Atau lebih dari itu?

Jika Anda serius dengan perasaan tersebut, kenali bagaimana reaksi mereka pada Anda. Mulailah sesuatu yang baru dengan melakukan pengakuan cinta pada sang pujaan hati.

Melansir Cosmopolitan, Rabu (15/11), berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengungkapkan perasaan pada si dia.

Ketahui Perasaan Diri Anda Terlebih Dahulu
Mengetahui Perasaan Sesungguhnya Sebelum Menyatakan Cinta. Foto: Freepik

Sebelum memberi tahu seseorang mengenai perasaan Anda, pastikan terlebih dahulu bahwa perasaan tersebut serius dan bukan cinta sementara yang akan memudar.

Dengan kata lain, pastikan perasaan Anda padanya memiliki kekuatan yang besar dan serius, tidak sekadar main-main atau penasaran belaka.

Memberi tahu orang mengenai perasaan bisa sangat menyeramkan dengan konsekuensi yang cukup besar, tapi sepadan dengan kekhawatiran yang di dapat.

"Jika dia benar-benar calon pasangan seumur hidup, Anda harus mencobanya," ucap Garry Brown, PsyD, seorang terapi pasangan di Los Angeles, dikutip Cosmopolitan Rabu (15/11).

Brown melanjutkan, meski ditolak pun Anda mungkin akan menyesali hal tersebut selama sisa waktu Anda karena tidak mengungkapkannya.

Cari Momen yang Tepat dan Bijak
Mencari momen yang tepat untuk mengungkapkan perasaan pada doi. Foto: Freepik

Beberapa faktor dapat menentukan waktu yang baik untuk memulai obrolan ini. Sebagai pemulaan, Brown mengatakan sangat penting untuk menghabiskan waktu bersama, agar benar-benar memahami satu sama lain.

"Setelah menghabiskan waktu dan mengetahui satu sama lain, Anda dapat menetapkan hati bahwa dia adalah seseorang yang saya pilih," kata Brown.

Meski deminian, terkadang waktu memaksa Anda untuk menunggu lebih lama dari yang diinginkan. Seperti sesuatu hal yang mendesak seperti peristiwa traumatis, kematian, penyakit dan lainnya.

Pada momen ini, Anda juga dapat melakukan hal-hal dari love language yang mereka sukai, seperti memberikan perhatian atau tindakan yang dapat meluluhkan hati mereka, atau ucapan-ucapan manis yang tidak cringe padanya.

Memilih Lokasi yang Benar
Ilustrasi Menyatakan Cinta. Foto: Freepik

Mengungkapkan perasaan bukan satu obrolan biasa yang dapat dilakukan sembarangan. Beberapa mungkin ingin melakukan percakapan ini secara langsung.

Brown merekomendasikan untuk mengadakannya di tempat yang santai, dan relatif tenang di tempat umum.

"Saya merekomendasikan suasana yang santai, mungkin dengan berjalan di taman, di pantai atau tempat lainnya," tutur Brown.

Carilah tempat di mana Anda dapat bebas berbicara secara terbuka. Tapi Brown menyarankan untuk tidak pergi ke tempat umum yang ramai seperti bar atau restoran yang ramai.

Saat mengajak jalan pastikan tidak membuat situasi yang aneh dan canggung, tanyakan dengan santai menganai hal tersebut. Hal tersebut dapat membuat mereka takut.

Ungkapkan Perasaan Anda Dengan Bijak
Ilustrasi Mengungkapkan Perasaan. Foto: Freepik

Setelah memiliki waktu dan tempat yang tepat, inilah waktunya untuk memberi tahu mreka mengenai perasaan Anda. Mungkin sulit memulainya, tapi ucapkan dengan pelan dan tenang dalam hal ini.

Ucapkan dengan tenang dan beri tahu bahwa Anda memiliki perasaan pada mereka, dan menikmati waktu kebersamaan tersebut.

"Anda dapat memberi tahu mereka bahwa ketika Anda memikirkannya, Anda mendapati diri sedang tersenyum, tidak apa bersikap sedikit konyol jika hal tersebut menguntungkan," kata Brown.

Jika hal tersebut tidak sesuai dengan harapan Anda, tidak perlu khawatir. Semua ini akan berjalan secara alami dalam sebuah percakapan.

"Anda tidak perlu melakukannya dengan sempurna agar dapat didengar dan dipahami, bersikaplah lembut dan hargai keberanian Anda apapun hasilnya," tambahnya

Berikan Waktu untuk Menjawab
Ilustrasi Waktu. Foto: Freepik

Pastikan Anda tidak tergesa-gesa dalam jawaban tersebut, bicarakan dengannya bahwa mereka memiliki waktu untuk memikirkan hal tersebut sebelum menjawabnya.

Hal ini mungkin membuat Anda gelisah dan khawatir, biarkan mereka merespon dengan cara paling nyaman bagi mereka.

Di saat seperti ini, Anda memiliki dua opsi, diterima atau ditolak. "Jika mereka merasakan hal yang sama, Anda mungkin dapat melanjutkan hubungan Anda menjadi sesuatu yang spesial dan jangan terburu-buru, biarkan perasaan itu tumbuh natural pada kalian berdua," ucap Brown.

Jika jawaban dari sang pujaan tidak sesuai ekspektasi dan tidak memiliki perasaan yang sama. Tidak perlu berkecil hati, setidaknya mereka telah jujur dengan Anda.

"Mungkin saja mereka juga mulai memiliki perasaan pada Anda, hanya saja mereka membutuhkan waktu yang lebih lama," tutup Brown.

Meski sakit, tapi tetaplah menjalin relasi dengan mereka dan hindari kecanggungan terhadap kalian berdua, mulai tenangkan diri Anda dengan mendistraksi pada kegiatan lain dan lakukan move on.