Relax

Ingin Mencegah Gejala Pikun atau Bau Mulut? Daun Sage Solusinya, Murah Meriah Berkhasiat

apahabar.com, JAKARTA – Pengobatan secara alami menjadi pilihan banyak kalangan karena dianggap minim efek samping. Tak…

Daun sage memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan (Foto: sehatQ)

apahabar.com, JAKARTA - Pengobatan secara alami menjadi pilihan banyak kalangan karena dianggap minim efek samping. Tak heran jika keberadaan sejumlah tanaman mulai digemari untuk dikonsumsi. Salah satu dari tanaman herbal tersebut adalah daun sage.

Tanaman dengan nama ilmiah Salivia Officialis ini kerap digunakan sebagai campuran dalam makanan atau bahan pembuat kosmetik. Namun di balik kegunaannya yang lazim, terdapat sejumlah manfaat yang luar biasa.

Dilansir dari healthline.com daun sage memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh, di antaranya seperti vitamin K, vitamin B6, kalsium, zat besi, protein, dan mangan. Selain itu daun sage juga bisa mengobati berbagai penyakit, dari gangguan mental sampai sistem pencernaan.

Dan berikut khasiat daun sage yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan kadar gula darah

Laman hallosehat.com menyebutkan kalua riset dan penelitian telah diujikan kepada hewan dan manusia, terbukti daun sage bisa menurunkan kadar gula darah dan kolestrol. Penelitian yang dilakukan pada 40 orang yang mengalami diabetes dan kolestrol tinggi, membuktikan daun sage memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah serta membantu mengendalikan kadar kolestrol total, trigliserda dan kolestrol jahat.

2. Meredakan gejala menopause

Ketika wanita mengalami menopause, tubuh wanita akan mengalami penurunan hormon estrogen, dan beberapa gejala yang timbul akibat penurunan hormon ini seperti vagina kering dan keringat berlebih. Daun sage memiliki senyawa yang mirip dengan estrogen berpotensi dapat meredakan gejala menopause.

3. Mengendalikan peradangan

Daun sage dalam penelitiannya terbukti memiliki senyawa yang memiliki sifat anti antiradang, kemudian senyawa tersebut diteliti pada peradangan fibroblas gingiva. Gingiva merupakan sel di jaringan ikatan gusi, hasilnya ekstrak sage mampu mengurangi peradangan pada bagian tersebut.

4. Mendukung pengobatan alzheimer

Sage dengan spesies salvia officinalis dan salvia lavandulaefolia dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga otak dari gangguan neurologis. Mengkonsumsi ekstrak sage dari dua spesies yang berbeda selama 4 bulan mampu memperbaiki proses belajar , ingatan dan informasi pada orang penyakit alzheimer tingkatan ringgan sampai sedang.

5. Menyehatkan mulut

Dalam satu riset obat kumur dengan kandungan daun sage terbukti mampu membunuh bakteri streptococcus mutans penyebab gigi berlubang. Untuk itu pemanfaatan daun sage bagi Anda yang tengah bermasalah dengan bau mulut, tentu saja daun ini bisa mambantu, selamat mencoba! (Thomas)