Piala Dunia 2022

Inggris vs Senegal, Gareth Southgate Waspadai Kejutan Pasukan Aliou Cisse

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate akan mewaspadai permainan pasukan Aliou Cisse di pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022

Pelatih timnas Inggris, mewaspadai kejutan timnas Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

apahabar.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate tak menganggap remeh timnas Senegal yang mejadi lawan The Three Lions di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Bermain di Al Bayt Stadion, timnas Inggris akan ditantang oleh timnas Senegal yang akan dipertandingkan pada Senin (5/12), pukul 02.00 WIB.

Menghadapi The Lions of Teranga julukan timnas Senegal, pasukan Gareth Southgate tak boleh menganggap remeh kekuatan Aliou Cisse.

Manajer Inggris itu juga enggan terbuai dengan banyaknya prediksi yang meyebut anak asuhnya akan menang mudah melawan Senegal di pertandingan nanti.

Baca Juga: Prancis vs Polandia, Mampukah Lewandowski Pulangkan Sang Juara Bertahan?

Menanggapi hal tersebut, juru taktik The Three Lions ini juga memberikan rispek tinggi kepada Senegal yang telah meraih satu tempat di babak 16 besar.

“Kami difavoritkan menang, tapi itu tidak akan berarti apa-apa. Sebab nanti, adalah laga hidup mati,” kata Southgate dikutip dari BBC, Minggu (4/12).

“Kami terkesan dan rispek kepada Senegal. Pelatihnya, Cisse melakukan hal-hal fantastis. Mereka juga bisa menjadi juara di Piala Afrika,” tambahnya.

Berjumpa dengan jawara Afrika tersebut, Southgate menegaskan anak asuhnya akan bermain dengan kepercayaan diri yang tinggi.

Baca Juga: Erick Thohir Bicara Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Lebih lanjut, Southgate juga menyingung dengan kesiapan mental anak asuhnya jika pertandingan nanti harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pelatih yang pernah mengantarkan timnas Inggris di partai final Euro 2020 menyebutkan bahwa para pemainnya dalam kondisi yang baik dan siap untuk melangkah sampai dengan babak tertinggi di Piala Dunia 2022.

“Kami fokus penuh ke laga nanti, tidak ke hal-hal lain. Kami akan mencoba menyelesaikannya di waktu normal, tapi andai masuk ke extra time dan adu penalti, kami akan mempersiapkan kekuatan fisik dan mental,” tuturnya.

Di satu sisi, jelang melawan timnas Inggris, kabar kurang sedap menerpa pasukan The Lions of Teranga.

Baca Juga: Gasak Australia 2-1, Argentina Jumpa Belanda di Perempat Final

Sang juara Piala Afrika itu terancam tak akan didampingi oleh sang pelatih, Aliou Cisse saat laga melawan Inggris karena alasan sakit.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Asisten pelatih timnas Senegal, Regis Bogaert ketika memimpin latihan pasukan The Lions of Teranga itu.

“Aliou Cisse jatuh sakit selama beberapa hari sekarang. Dia meminta kami memimpin latihan timnas Senegal,” kata Regis dikutip dari The Independent.

Namun, pasukan Aliou Cisse itu berharap sang pelatih bisa datang dan duduk di bench untuk memimpin para anak asuhnya bertanding di babak 16 besar nanti.

Baca Juga: Menang 3-1 dari Amerika Serikat, Belanda Menuju ke Perempat Final

Duel antara kedua negara ini akan menjadi pertemuan pertama bagi timnas Inggris maupun Senegal di ajang internasional.

Dalam sejarah Piala Dunia, The Three Lions tidak pernah mengalami kekalahan dari tim asal Afrika dengan berhasil meraih empat kemenangan dan tiga kali hasil imbang.

Di atas kertas, Harry Kane cs memang lebih diunggulkan untuk memenangi pertandingan nanti. Tapi, Inggris patut waspada karena Senegal datang ke Qatar dengan status juara bertahan Piala Afrika.