Tak Berkategori

Inflasi Awal Februari Meningkat, Ini Catatan BI

apahabar.com, JAKARTA – Bank Indonesia mencatat inflasi di pekan pertama Februari 2020 sebesar 0,23 persen month…

Ilustrasi Bank Indonesia (BI). Foto-Merdeka.com/Arie Basuki

apahabar.com, JAKARTA – Bank Indonesia mencatat inflasi di pekan pertama Februari 2020 sebesar 0,23 persen month to month atau secara year to year 2,94 persen. Angka ini meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,68 persen.

“Meningkat jika dibandingkan dengan angka (inflasi) Januari 2020 2,68 persen,” kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo.

Beberapa indikator penyumbang inflasi masih terjaga. Terutama di sektor bahan pangan. Komoditas yang masih menyumbang inflasi diantaranya cabai, bawang, dan beberapa indikator terkait rokok dan minyak goreng.

“Kami masih cukup yakininflasimasih kita jaga range kita yang ada 3 persen plus minus satu persen,” sambung Dodi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,02 persen. Melihat ini Dodi menyebut terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi jika dibandingkan dengan tahun 2018 sebesar 5,17 persen.

“Artinya ada beberapa faktor yang mempengaruhi perlambatan,” kata Dodi.

Meski begitu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi masih disokong oleh barang konsumsi rumah tangga. Pertumbuhannya relatif berkisar di angka 5,05 persen. Sedangkan tahun lalu pada 2018 dengan angka 5,05 persen.
Artinya, salah satu faktor utama ekonomi Indonesia tetap tumbuh yaitu daya beli masyarakat yang masih terjaga. Satu sisi ada keyakinan konsumen ini menjaga konsumsi. (lip6)

Baca Juga: Kemenpan RB Tinjau Mal Pelayanan Publik Barokah Kabupaten Banjar

Baca Juga: Jokowi Harapkan BUMN-Swasta Bantu Danai Riset

Editor: Syarif