Indra Sjafri Ungkap Alasan Latih Timnas U-23 di SEA Games 2023

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri membeberkan alasannya terkait penunjukan dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2023 mendatang

Indra Sjafri beberkan alasan penunjukkan dirinya sebagai pelatih timnas U-23 di SEA Games 2023 mendatang (Foto: apahabar.com/Farhan)

apahabar.com, JAKARTA – Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri buka suara terkait penunjukkan dirinya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2023. Meski, dirinya mengaku belum bisa berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut.

“Saya belum bisa komentar banyak tentang penunjukkan saya sebagai pelati SEA Games. Yang saya lakukan kemarin, kami ada diskusi sama coach Shin Tae-yong,” kata Indra saat ditemui di Lapangan C, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2).

Lebih jauh, penunjukkan Dirtek PSSI itu sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 dilakukan karena pelatih Shin Tae-yong saat ini akan fokues ke timnas U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Terlebih, terkait dengan penunjukkan dirinya sebagai pelatih timnas U-23, Indra Sjafri mengatakan Shin Tae-yong sangat terbuka terhadap penunjukan dirinya tersebut.

Baca Juga: Iwan Bule Minta Persija Segera Lepas Pemain ke TC Timnas U-20

Tak hanya itu, Indra juga mengatakan dari hasil evaluasi PSSI, Shin Tae-yong meminta dirinya hanya fokus ke timnas senior dan U-20.

“Coach Shin welcome untuk saya bantu karena memang dari hasil evaluasi coach Shin minta dia hanya fokus di tim senior dan U-20,” ujar Indra Sjafri.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaran SEA Games 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 itu jadwal perhelatannya cukup berdekatan.

Sehingga, PSSI memutuskan menunjuk Indra Sjafri untuk menahkodai Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

“Karena perbedaan hari yang hanya tiga hari, dan kami mau coach Shin itu fokus ke U-20, dan beliau [Shin] mengaminkan,” tutur Dirtek PSSI itu.

Baca Juga: Dusan Vlahovic is Back! Juventus Sikat Salernitana 3-0

“Dia [Shin] melepas SEA Games dan saya diskusi kemarin untuk membantu pekerjaan coach Shin karena di kontrak kan jadi tanggung jawab coach Shin,” tuturnya menambahkan.

Keputusan PSSI terkait penunjukkan Indra Sjafri sebagai nahkoda Timnas U-23 membuat dirinya kini turun gunung. pasalnya, sebelum menjabat Dirtek PSSI, Indra lebih dulu menahkodai Timnas Indonesia U-22.

Selama menangani skuad Merah Putih, Indra Sjafri sempat mempersembahkan gelar medali perak di ajang SEA Games 2019. Ia juga sempat membawa timnas meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019.