Piala Asia U-20

Indonesia Vs Irak di Laga Perdana Piala Asia U-20, STY Optimis

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong optimis Garuda Nusantara dapat meraih hasil sempura kala mejalani laga perdana Piala Asia U-20 menghadapi Irak

Shin Tae-yong saat menghadiri sesi press conferece menjelang laga Indonesia vs Irak di Piala Asia U-20 2023 (Foto: dok. pssi)

apahabar.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong optimis Garuda Nusantara dapat meraih hasil sempura kala mejalani laga perdana Piala Asia U-20 menghadapi Irak.

Duel Indonesia kontra Irak yang digelar di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Rabu (1/3) sebagai laga pertama Grup A tentu harus dimaksimalkan oleh skuat Garuda Nusantara untuk meraih kemenangan.

Pasalnya, Piala Asia U-20 menjadi ujian pertama untuk skuat Garuda Nusantara sebelum mengarungi gelaran turnamen Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Terkait dengan laga perdana melawan Irak nanti, Shin Tae-yong pun memastikan tim besutannya telah siap menghadapi tim unggulan di Piala Asia tersebut.

Baca Juga: Pep Guardiola Minta Pemain Manchester City Lupakan Treble Winners

“Kami ke sini untuk ikut berpartisipasi di turnamen ini [Piala Asia]. Kami sudah bersiap-siap dengan baik menjelang pertandingan pertama [melawan Irak],” ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

“Turnamen ini penting bagi kami. Sebab ini adalah kesempatan kami menyaksikan performa para pemain [skuat Garuda Nusantara],” sambungnya.

Akan tetapi, dalam mengarungi kompetisi Piala Asia tahun ini, skuat Garuda Nusantara tampil tidak dengan kekuatan penuh. Mengingat, terdapat beberapa pemain yang tidak dibawa oleh Shin.

“Kami tidak bisa membawa separuh pemain tapi kami berusaha maksimal di turnamen ini karena panggung untuk menunjukkan ada di mana level kami sekarang,” jelas Shin.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, PSSI Panggil 34 Pemain untuk TC SEA Games 2023

Di sisi lain, terkait dengan persoalan penyelesaian akhir Timnas Indonesia yang kerap disorot, pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkan telah memperbaiki soal performa tersebut.

“Kami terus melatihnya dan mengembangkannya. Aspek finishing adalah hal yang sedang kami tingkatkan,” tutur Shin.

“Turnamen ini adalah kesempatan [Timnas Indonesia] untuk mempertajam kemampuan penyelesaian pemain,” ucapnya menambahkan.

Di samping itu, tanpa kehadiran Marselino Ferdinan yang absen membela skuat Garuda Nusantara di Piala Asia U-20 2023, Shin Tae-yong mempercayai Muhammad Ferarri sebagai kapten tim dalam mengarungi kompetisi.

“Kapten Tim U-20 Indonesia untuk melawan Irak adalah Ferarri,” tutupnya.

Pertandingan Timnas Indonesia U-20 kontra Irak U-20 nantinya akan dilangsungkan pada pukul 19.00 WIB dan dapat disaksikan di RCTI.