Sport

Indonesia Jadi Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023, PSSI Tancap Gas!

apahabar.com, BANJARMASIN – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah mengumumkan Indonesia menjadi salah satu kandidat tuan rumah…

AFC Telah Resmi Mengumumkan Kandidat Tuan Rumah Piala Asia 2023, Indonesia Termasuk. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah mengumumkan Indonesia menjadi salah satu kandidat tuan rumah Piala Asia 2023.

Seusai mendengar kabar tersebut, PSSI langsung bergerak untuk melengkapi persyaratan yang diminta agar bisa terpilih.

Indonesia tidak sendiri. Ada tiga negara lain yang juga dipilih AFC menjadi calon tuan rumah yaitu Qatar, Australia, dan Korea Selatan.

Mochamad Iriawan. Foto-net

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku sudah menerima surat resmi dari AFC. Pihaknya akan segera melengkapi dokumen persyaratan sebagai tuan rumah untuk maju ke tahap bidding.

“Kami sudah menerima suratnya, kami akan lengkapi administrasi yang diminta. Nanti akan kami kembalikan,” kata Iriawan dilansir dari Suara.com, Rabu (20/7).

“Nanti setelah itu akan di-bidding lagi oleh AFC,” sambung lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu.

AFC menunggu masing-masing federasi sepak bola dari keempat kandidat negara untuk menyerahkan dokumen bidding hingga batas waktu 31 Agustus 2022.

Setelah itu, AFC lewat badan administrasinya akan melakukan pengkajian dan memilih negara mana yang berhak menjadi tuan rumah turnamen yang diikuti 24 tim tersebut.

Pengumuman akan disampaikan lewat Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022.

Adapun seharusnya Piala Asia 2023 berlangsung di China. Namun, mereka mundur dengan alasan kasus Covid-19 yang kembali meningkat.

Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan alias hanya terpaut lima hari dari Piala Dunia U-20 2023 (20 Mei-11 Juni) di mana Indonesia merupakan tuan rumahnya.