Kalsel

Inalillah, Tokoh Ulama Manado Asal Banjar Wafat, Dimakamkan di Kampung Kadi HST

apahabar.com, BARABAI – Innalillah, salah satu putra terbaik Hulu Sungai Tengah (HST) yang mukim di Manado,…

Jenazah tokol ulama Manado asal Banjar, KH Rizali M Noor tiba di rumah duka di Hulu Sungai Tengah, Senin (16/11) pagi. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI - Innalillah, salah satu putra terbaik Hulu Sungai Tengah (HST) yang mukim di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), KH Rizali M Noor bin H Nurani Mukhtar wafat, kemarin.

Prosesi pemakaman KH Rizali M Noer yang sebelum meninggal didaulat Dewan Hakim MTQN XXVIII 2020, dilangsungkan di tanah kelahirannya, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (16/11) sore.

Para jemaah dari berbagai kalangan sudah memadati rumah duka sejak jenazah KH Rizali M Noor tiba pagi tadi.

Mendiang sebelumnya diterbangkan dari Padang Sumatera Barat ke Banjarmasin Kalsel pada Minggu (15/11) sore.

Dari Banjarmasin jenazah KH Rizali M Noor dibawa menggunakan mobil milik Masjid Al Jihad menuju HST. Sekitar pukul 10.00, jenazah sudah sampai di kediaman duka.

Tokoh agama di Kota Manado ini rencananya dikebumikan pukul 16.00 ini usai salat Ashar di Kampung Kadi (Qadhi) Kelurahan Barabai Darat.

"Masih menunggu sanak saudara," ujar salah satu jemaah yang hadir, Rizki.

Sekilas tentang mendiang yang dihimpun dari apahabar.com. Sekitar 45 tahun lalu, mendiang bertolak dari tanah Banjar ke Manado untuk meyiarkan agama Islam.

Dia merupakan Pimpinan Pondok Pesantren PKP Kombos Manado. Mendiang juga tercatat sebagai Ketua MUI dan NU serta Wakil Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Sulut.

Dia juga pernah belajar pada salah satu pondok pesantren tertua di Kalsel khususnya di HST yakni, Ibnul Amin Pamangkih Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU).

KH Rizali M Noor menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit BMC Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (15/11) sekitar pukul 10.30 WIB.

Dikabarkan, mendiang sebelumnya memipin rapat MTQN di Masjid Al-Hakim Padang Minggu pagi itu. Usai memimpin rapat Rizali M Noor sempat mengeluhkan pusing hingga pingsan di ruang majelis hakim lalu dilarikan ke RS BMC.

Berselang sekitar 15 menit masuk RS BMC, Ketua Majelis Tilawah Anak-Anak dan Remaja pada MTQN 2020 ini tutup usia di umur ke 70 tahun.

Usai proses pemandian, jenazah disemayamkan di Masjid Al-Furqon Bandara Soeta sebelum diterbangkan menuju Banjarmasin Kalsel, Minggu sore.

Dari hasil PCR, mendiang dinyatakan negatif Covid-19. "Berdasarkan hasil laboratorium dari tes PCR beliau dinyatakan negative Covid-19," kata Jubir Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal dikutip dari liputan6.com.

Untuk diketahui, KH Rizali M Noor merupakan salah satu Dewan Hakim MTQN XXVII 2020 yang digelar di Padang, Sumbar.

Agenda nasional ini diikuti 1.476 peserta dari 32 provinsi di Indonesia. Hanya DIY dan NTT yang tidak ikut serta dalam ajang nasional ini.