Imlek 2023

Imlek 2023 Shio Kelinci Air, Apa Maknanya?

Dalam kalender Tionghoa, Imlek 2023 disebut sebagai Tahun Kelinci Air. Apa maknanya?

Ilustrasi Shio Kelinci Air. Foto: Dok. Kompas.

apahabar.com, JAKARTA - Imlek 2023 jatuh pada Minggu (22/1) mendatang. Dalam kalender Tionghoa, momentum kali ini disebut sebagai Tahun Kelinci Air. Itu merujuk pada zodiak Cina yang juga dikenal dengan istilah shio.

Terdapat 12 jenis hewan yang merepresentasikan zodiak Cina setiap tahunnya. Shio tersebut meliputi tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, serta babi.

Untuk shio Kelinci Air sendiri, terjadi tiap 12 tahun sekali. Melansir laman Seventeen, shio itu dimulai dari periode 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023, serta begitu pun seterusnya.

Setiap zodiak Cina yang demikian tentu memiliki harapan dan doa tersendiri. Lantas, seperti apa makna di balik shio Kelinci Air yang terjadi tahun ini?

Simbol Tahun Harapan

Pakar Lintas Budaya, Dottie Li, mengatakan shio Kelinci Air yang terjadi tahun ini mengandung makna sebagai ‘Tahun Harapan.’ Hal itu berarti, orang-orang dapat mengharapkan datangnya kemakmuran, harapan, dan ketenangan.

“Karena karakteristik kelinci, kita dapat mengharapkan relaksasi, keluwesan, ketenangan, dan kontemplasi," ujar sang pakar, seperti dikutip dari Seventeen, Jumat (20/1).

Senada dengan pernyataan Li, China Highlight juga menyatakan bahwa kelinci, dalam mitologi Tiongkok, melambangkan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Lebih tepatnya, diramalkan sebagai makhluk yang lembut, pendiam, anggun, waspada, serta cepat.

Hewan itu juga terampil, baik hati, sabar dan sangat bertanggung jawab. Kelinci terkadang enggan mengungkapkan pikirannya kepada orang lain dan memiliki kecenderungan untuk melarikan diri dari kenyataan, tetapi selalu setia kepada orang-orang di sekitarnya.

Waktu untuk Refleksi Batin

Tak cuma zodiak Cina berlambang hewan yang memiliki makna, elemen di belakangnya pun demikian. Elemen air pada Imlek 2023 disematkan lantaran tahun ini berakhir dengan angka tiga.

Melansir Sonora, elemen setiap tahun memang ditentukan berdasarkan akhir angka tahun itu sendiri. Elemen logam untuk tahun berakhiran angka 0 dan 1; air untuk tahun berakhiran 2 dan 3; kayu untuk tahun berakhiran 4 dan 5; api untuk tahun berakhiran 6 dan 7; tanah untuk tahun berakhiran 8 dan 9.

Masing-masing elemen pun membawa karakteristik yang berbeda, utamanya bagi orang-orang yang lahir di tahun itu. Adapun elemen air melambangkan kebersamaan sekaligus waktu untuk refleksi batin.

Individu yang lahir di tahun ini dipercaya menjadi sosok diplomatis, jeli, dan berempati. Juga, punya kepribadian yang lembut tapi kuat, pendiam, damai, ragu-ragu, suka memanjakan diri sendiri, dan pasif.

Demikian sekilas pembahasan mengenai makna di balik Tahun Kelinci Air. Terlepas dari benar atau tidaknya keyakinan tersebut, semoga tahun yang baru ini senantiasa dipenuhi kedamaian. Selamat Imlek!