Pemkot Banjarmasin

Ibnu Sina Launching Banua Card: Transaksi di Dermaga Banjar Raya Kini Sudah Cashless

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan implementasi pembayaraan retribusi kapal penyebrangan secara non tunai (Cashless) di Dermaga Banjar Raya, Pelambuan

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan implementasi pembayaraan retribusi kapal penyebrangan secara non tunai (Cashless) di Dermaga Banjar Raya, Pelambuan, Banjarmasin Barat. Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melakukan implementasi pembayaraan retribusi kapal penyebrangan secara non tunai (cashless) di Dermaga Banjar Raya, Pelambuan, Banjarmasin Barat.

Langkah ini menggunakan Banua Card hasil kerja sama Pemkot Banjarmasin dengan Bank Kalsel.

Disampaikan Ibnu Sina, hadirnya Banua Card ini merupakan salah satu bentuk nyata dari implementasi program Smart City Banjarmasin yang menyentuh sektor moda transportasi.

Lanjut, ia meyakini inovasi tersebut tentu akan memberi manfaat bagi masyarakat luas, terlebih bagi pengguna yang melaksanakan aktifitas penyebrangan kapal sehari-hari, di samping penerimaan retribusi yang menjadi lebih transparan dan optimal.

"Dengan kartu ini, para pengguna kapal terutama yang dari dermaga Banjarmasin akan lebih mudah dan efisien dalam berkegiatan," ujarnya.

"Tadi sudah saya coba, per orang itu cukup Rp500 rupiah, untuk motor roda dua Rp2 ribu rupiah, bisa dibayangkan kalau bayar tunai mengeluarkan uang Rp10 ribu per orang harus ada uang kembalian dan segala macam tentu sangat merepotkan," jelas Ibnu.

Dirinya menambahkan, pembayaran berbasis non tunai atau Cashless seperti ini tentu dapat membuka keran potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang lebih terukur, sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Artinya bagaimana retribusi ini berjalan secara real-time, semua tercatat dan diawasi sehingga tidak timbul berbagai macam dugaan," tekannya.

"Jadi di loket diharapkan sudah tidak ada lagi transaksi tunai, karena semuanya sudah menggunakan kartu," sambung Ibnu.

Adapun di tahap awal, Pemko bersama Bank Kalsel menyiapkan sebanyak 300 hingga 500 kartu terlebih dahulu bagi masyarakat yang akan menggunakan kapal penyebrangan, dengan prioritas warga sekitar yang beraktifitas pulang pergi.

"Kenyamana pengguna yang utama, artinya ini salah satu upaya transparansi kita dalam layanan publik di kota Banjarmasin, terutama untuk retribusi penyeberangan di Dermaga Banjaraya dan dermaga lainnya ada yang ada di Banjarmasin," tandasnya.

Sebagai informasi, kepada masyarakat yang ingin memiliki Banua Card bisa menuju kantor dan gerai Bank Kalsel di Banjarmasin serta top-up saldo di toko retail terdekat.