Kalsel

Ibnu Sina Angkat Bicara Soal Kisruh Pajak Parkiran Duta Mall

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali kota Banjarmasin, Ibnu Sina angkat bicara soal kisruh pajak parkiran di Duta…

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Wali kota Banjarmasin, Ibnu Sina angkat bicara soal kisruh pajak parkiran di Duta Mall, Banjarmasin. Menurutnya, apa yang dilakukan pihaknya (Dishub) dan pihak Duta Mall Banjarmasin sudah benar.

Kisruh itu berawal dari temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Kalsel akan setoran pajak parkir Duta Mall dari Januari 2017 hingga September 2018, yang kurang Rp1,7 Miliar.

Manajer Operasional Duta Mall Banjarmasin Yenny Purnawati menanggapi. Menurutnya, permasalahan itu hanyalah kesalahpahaman perhitungan pajak antara BPK RI dan pengelola parkir.

"Jadi, ada perbedaan formulasi perhitungan antara BPK RI dengan pengelola parkir. Menurut pengelola parkir sudah benar,” jelasnya.

Namun, sambungnya, pihaknya tetap menghormati institusi dan melakukan mediasi dengan Dishub Banjarmasin dengan membuat surat komitmen pembayaran kekurangan pajak yang menurut BPK masih kurang tersebut.

Meskipun sudah melayangkan surat komitmen pembayaran kekurangan pajak, PT Centre Park Citra Corpora selaku pengelola parkir Dutamall Banjarmasin akan melakukan upaya keberatan melalui jalur hukum.

Kuasa Hukum PT CentrePark Citra Corpora, Rony Sihotang menjelaskan klien nya sudah melakukan pembayaran pajak sesuai perhitungan yang berlaku.

“Perhitungan kita sesuai UU 28 tahun 2009 ternyata berbeda dengan perhitungan BPK. Selisihnya pun kami masih belum mengetahui secara rinci karena hanya diberikan nominal besarannya saja. Makanya akan kami lakukan uji," terangnya.

Mendengar kabar PT Centre Park Citra Corpora menempuh jalur hukum, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina angkat bicara. Ia mengaku, apa yang dilakukan Duta Mall merupakan hak pusat pembelanjaan terbesar di kota seribu sungai itu.

“Silakan, dan itu merupakan hak pihak Duta Mall untuk melakukan upaya hukum,” ujarnya.

Kendati demikian, dia juga menegaskan, apa yang ditempuh pihaknya, dengan menagih kekurangan pajak yang belum dibayar menurut hasil audit BPK RI pun sudah benar.

“Langkah yang kami lakukan itu sudah benar dan itu solusinya,” tegasnya.

Baca Juga: Dewan Desak Dishub Banjarmasin Tagih Pajak Parkir Duta Mall

Baca Juga: Terancam Ditutup, Duta Mall Harus Lunasi Hutang Pajak Miliaran Rupiah

Baca Juga: Bandel Bayar Pajak, Parkir Duta Mall Terancam Ditutup

Baca Juga: Ibnu Sina Akan Ambil Langkah Tegas Terkait Pembangunan Gedung Parkir Duta Mall

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini