Hyundai Academy Course

Hyundai Ajak 3 Sekolah Kejuruan untuk Bangun Industri Otomotif RI

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengadakan program Hyundai Academy Course (HAC) yang berlangsung sejak Juli 2023 sampai Mei 2024.

PT Hyundai Motors Indonesia merilis Hyundai Stargazer Essential. Foto: apahabar.com/DF

apahabar.com, JAKARTA - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengadakan program Hyundai Academy Course (HAC) yang berlangsung sejak Juli 2023 sampai Mei 2024.

HAC merupakan program bakti pendidikan untuk membangun dan meningkatkan kualitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Tanah Air.

Program tersebut melibatkan 3 sekolah, yakni SMKN 1 Cikarang Pusat, SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, dan SMKS 1 PGRI Bojongmangu yang berada di Kabupaten Bekasi.

Program HAC terdiri dari 4 program utama yakni pelatihan pendidikan in-house, beasiswa, donasi 10 Hyundai Stargazer untuk mobil praktik senilai Rp2 Miliar, serta 75 set perabotan mebel sekolah ramah lingkungan.

Baca Juga: Stargazer Dominasi Penjualan Hyundai di GIIAS 2023, Gimana Ioniq 5?

President Director PT HMMI, Bong Kyu Lee, menjelaskan bahwa Hyunsai percaya masa depan ada di tangan para pelajar yang tengah menimbah ilmu di sekolah.

"Sebagai pelaku industri yang mencoba membentuk masa depan mobilitas, kami ingin membagikan ilmu secara langsung pada para siswa tersebut agar dapat melihat lebih jelas bagaimana langkah Hyundai membangun industri otomotif nasional," ujar Bong Kyu Lee melalui keterangan resminya, Rabu (23/8).

“Harapan kami, program HAC dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas dunia pendidikan Indonesia sekaligus membangun tenaga kerja yang cakap untuk mendukung kemajuan mobilitas masa depan Indonesia,” sambungnya.

Dalam program HAC, Hyundai mengadakan kelas pengajaran otomotif, perkembangan teknologi Electric Vehicle, hingga praktik manufaktur.

Baca Juga: Hyundai Ioniq 6 Melantai Perdana di GIIAS 2023, Berapa Harganya?

HMMI juga memberikan beasiswa berupa kebutuhan sekolah seperti buku, hingga seragam.

Dalam upaya link and match antara dunia industri dan pendidikan, mereka juga mendonasikan 10 unit Hyundai Stargazer yang disalurkan kepada Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP).

BBPVP sendiri berada di bawah naungan Kementerian Tenaga Kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Kab. Bekasi dan SMK melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, perabotan mebel ramah lingkungan diserahkan kepada SMK 1 PGRI Bojongmangu sebagai sekolah terdekat di wilayah pabrik HMMI. Ini merupakan tahun ke-3 kegiatan donasi perabotan sekolah.

Baca Juga: Hyundai Siapkan Armada Ioniq 6 dan 5 untuk ASEAN Summit Ke-43

Sebagai langkah awal, melalui serangkaian proses seleksi, saat ini sudah terpilih 25 siswa SMK daerah Kabupaten Bekasi yang akan menjalani pelatihan di Hyundai Academy.

Nantinya para siswa tersebut memiliki kesempatan mengikuti seleksi khusus rekrutmen di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia untuk melanjutkan karir mereka.

Adapun komitmen dan dukungan Hyundai untuk dunia pendidikan sudah terjalin sejak 2021, dengan mengadakan program magang untuk lulusan SMK di Kabupaten Bekasi.

Sebanyak 50 siswa mengikuti kegiatan magang dan seleksi perekruktan setelahnya.