Kalsel

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Rusak Rumah Warga di Tanah Bumbu

apahabar.com, BATULICIN – Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu,…

Hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang diprakirakan mengguyur sejumlah wilayah Kalsel, sejak pagi hari. Foto: Dok.apahabar.com

apahabar.com, BATULICIN – Hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (23/12) siang. Akibatnya menimbulkan kerusakan pada sebagian rumah warga.

“Deras sekali hujannya, rumah saya jadi bocor karena atapnya terbuka,” ungkap Alfian warga Desa Bersujud, kepada apahabar.com.

Alfian menambahkan akibat hujan deras itu juga halaman depan rumahnya porak poranda karena derasnya angin.

“Pot bunga aja jatuh, saking kencangnya angin,” tambahnya.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada terhadap fenomena alam.

“Kami mengimbau kepada masyarakat Tanah Bumbu, khususnya daerah yang rawan bencana untuk waspada terhadap fenomena alam yang terjadi saat ini,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais.

Fenomena alam yang patut diwaspadai seperti banjir, angin puting beliung, longsor, dan gelombang pasang.

“Bila terjadi bencana atau fenomena alam di wilayah, segera melapor dan koordinasikan dengan pihak desa dan pihak kecamatan, agar dapat dilakukan penanganan bencana secara cepat oleh tim yang berada di lapangan,” pesan Eryanto.

Menurutnya kondisi cuaca saat ini juga sulit diprediksi dan gampang berubah.
Kadang juga bisa terjadi banjir secara dadakan akibat kiriman air dari gunung.

“Tetap waspada, lapor kalau terjadi sesuatu. Utamakan keselamatan jiwa,” pungkasnya.