Tak Berkategori

Hujan Deras Tumbangkan Tembok dan Sejumlah Pohon di Martapura

apahabar.com, MARTAPURA – Hujan cukup deras yang mengguyur Martapura Kota, Kabupaten Banjar sejak sore tadi mengakibatkan…

UPT Damkar Banjar dan relawan membersihkan pohon tumbang di Kebun Serai Permai 2 Indrasari, Martapura mengenai atap teras rumah warga dan menutup bahu jalan, Sabtu (12/12) malam. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Hujan cukup deras yang mengguyur Martapura Kota, Kabupaten Banjar sejak sore tadi mengakibatkan sejumlah pohon tumbang, Sabtu (12/12).

Terpantau, ada dua lokasi pohon tumbang di Martapura, ditambah robohnya dinding tembok milik Yayasan Darussalam Martapura.

Kepala UPT Damkar Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi mengakui pihaknya malam ini disibukkan dengan pohon tumbang.

Pertama, jelas Yudhi, pohon tumbang di Jl Menteri Empat sekitar pukul 20.30 Wita, mengakibatkan tertutupnya dua ruas jalan serta memutus tali telkom.

Lokasi kedua di Komplek Kebun Serai Permai 2 blok A, Jl PU Indrasari, Martapura.

“Di sana pohon tumbang juga mengakibatkan jalan tertutup ditambah mengenai atap teras rumah milik Pak Boman,” jelas Yudhi.

Di lokasi ketiga Jl Tanjung Rema, tepat di seberang Ponpes Tahfizh Darussalam Martapura. Di sana dinding tembok milik Yayasan Darussalam Martapura yang roboh saat hujan.

UPT Damkar, PMI, relawan gabungan serta dibantu swadaya masyarakat saling bahu membahu memotong dan membersihkan pohon yang tumbang.

Perlu waktu berjam-jam membersihkan semuanya dengan peralatan yang tersedia, seperti mesin pemotong pohon dan lainnya.

“Setelah menerima laporan, petugas Damkar langsung bersiap turun membersihkan. Terimakasih kepada semua rekan relawan yang turut membantu. Tadi BPBD juga ada turun ikut membersihkan di Kebun Serai,” ucap Yudhi.

Selain tiga peristiwa di atas, Yudhi mengatakan pihaknya juga menerima laporan lainnya dari warga yang masih berkaitan dengan pohon.

“Ada percikan api pada kebel tiga listrik yang terkena ranting pohon, di Jalan Karya Murung Keraton Martapura, dan kami bantu menyampaikan ke PLN agar segera menanganinya,” jelas Yudhi.

Yudhi mengatakan permasalahan pohon tumbang ini kerap terjadi di Martapura saat hujan deras.

“Mobil tertimpa pohon pernah, kontainer jatuh karena tersangkut pohon juga pernah baru tadi,” terang Yudhi.

Ia menceritakan, sering dihubungi warga yang meminta ditebangkan pohon karena miring condong ke rumah atau condong ke badan jalan.

“Tapi kalau posisi pohon masih hidup utuh, tidak tumbang, dan merupakan tanaman penghijauan, kami tidak berani, takut kena pasal pohon penghijauan,” turur Yudhi.

Ia berharap kepada instansi terkait, agar lebih memperhatikan pohon di Kabupaten Banjar supaya tidak membahayakan atau merugikan masyarakat.

UPT Damkar Banjar dan relawan membersihkan pohon tumbang di Jl Menteri Empat, Martapura, Sabtu (12/12) malam. Foto-Istimewa