Hot Borneo

Hindari Pengulangan Tragedi, Polisi Cek Atraksi Tong Setan di Bukit Ngalangkang Kapuas

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Berkaca dari tragedi di Sumatera Selatan, Polres Kapuas mengecek kesiapan atraksi tong…

Kasatlantas Polres Kapuas, AKP Sugeng, mengecek wahana tong setan di Pasar Malam Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas, Senin (6/6). Foto: apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Berkaca dari tragedi di Sumatera Selatan, Polres Kapuas mengecek kesiapan atraksi tong setan Pasar Malam Bukit Ngalangkang di Kuala Kapuas.

Tercatat 12 penonton yang mayoritas anak-anak mengalami luka, ditabrak motor atraksi tong setan di Pagaralam, Sumateran Selatan, Sabtu (4/6) malam.

Insiden itu dipicu putusnya tali gas salah satu motor. Akibatnya motor tidak terkendali, lalu melesat keluar tong dan menghantam penonton.

Tak ayal kejadian tersebut menjadi atensi Polres Kapuas. Terlebih penonton diyakini akan membeludak, mengingat sudah lama Pasar Malam Bukit Ngalangkang tidak digelar.

Pengecekan pun langsung dilakukan Kasatlantas Polres Kapuas, AKP Sugeng, bersama Kasat Intel, Dinas Perhubungan dan mekanik sepeda motor, Senin (6/6).

“Kami ingin memastikan bahwa pertujukan masyarakat seperti tong setan ini sudah aman dari sisi keselamatan pemain dan penonton,” papar Sugeng.

“Penekanan kami adalah joki yang diturunkan benar-benar siap berkendara, serta sehat baik jasmani dan rohani. Juga tidak mengonsumsi minuman keras,” tegasnya.

Pengelola juga diinstruksikan memeriksa fisik kendaraan yang digunakan. Mulai dari baik mesin, rangka dan tekanan udara ban.

“Terakhir sebelum melaksanakan atraksi, sudah selayaknya berdoa supaya diberikan keselamatan,” pungkas Sugeng.