Haul Guru Zuhdi Ketiga Terbuka untuk Umum, Keluarga: Tidak Ada Open Donasi

Haul KH Ahmad Zuhdiannoor atau akrab dikenal masyarakat dengan sebutan Guru Zuhdi, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2023.

Haul KH Ahmad Zuhdiannoor atau akrab dikenal masyarakat dengan sebutan Guru Zuhdi, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2023. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN - Haul KH Ahmad Zuhdiannoor atau Guru Zuhdi yang ketiga dijadwalkan akan diperingati pada Ramadan tahun ini.

Keputusan itu diumumkan langsung oleh Yayasan Majta melalui surat pemberitahuan dan himbauan Nomor: 012/YMT-BJM/III/2023.

Dalam surat tersebut, diinformasikan bahwa pihak keluarga Guru Zuhdi  akan mengadakan haul ketiga (untuk umum) pada malam ke-9 Ramadan. Tanggal tersebut menyesuaikan hasil sidang isbat (penentuan awal Ramadan dari pemerintah) nanti.

Pelaksanaan haul ke-3 itu dijadwalkan di Kubah Guru Zuhdi Jalan Belakang Mesjid Jami, Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara. Pelaksanaan dilakukan setelah Salat Tarawih.

Ketua Yayasan Majta Banjarmasin, Nidaudin menjelaskan pihak keluarga melalui surat pemberitahuan itu tidak pernah meminta sumbangan ketika pelaksanaan Haul Guru Zuhdi.

"Tidak mengadakan open donasi kepada siapapun dan dalam bentuk apapun," ujarnya.

Atas karena itu, ia meminta untuk menegur secara langsung dengan sopan, jika nanti ada masyarakat yang menemukan open donasi mengatasnamakan haul ke-3 Guru Zuhdi.

"Tapi apabila tidak ditanggapi silakan melapor ke Yayasan Majta atau pihak keluarga," imbuhnya.

Selain itu, ia menjelaskan pihaknya bersama keluarga mengadakan haul tersebut semata-mata hanya untuk syiar agama dan tidak ingin dicampur dengan hal-hal lainya seperti politik.

Lebih lanjut, Nidaudin juga meminta kepada para jemaah nanti yang hadir bisa tetap menjaga ketertiban, keamanan dan kenyamanan untuk pengguna jalan lain.

"Juga menjaga kebersihan saat pelaksanaan haul nanti," tuturnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengungkapkan bahwa keluarga Guru Zuhdi tidak melarang kepada mereka yang ingin melaksanakan atau mengadakan haul ke-3 di tempat yang berbeda.

"Namun segala hal yang terjadi di luar tanggung jawab kami," pungkasnya.